[CEK FAKTA] Video Viral Mahasiswa Gempur Kantor DPRD Palembang

Cek faktanya ya sebelum dibagikan

Jakarta, IDN Times - Sebuah video yang memperlihatkan demonstrasi mahasiswa di depan kantor DPRD Palembang, Sumatra Selatan, beredar di media sosial. Video yang diunggah di Twitter pada 7 April 2022 ini menarasikan mahasiswa melawan dan menggempur kantor DPRD.

"Mahasiswa Palembang benar2 melawan !!!
Hari ini kantor DPRD Palembang di gempur perlawanan mahasiswa

Panjang Umur Perjuangan ✊
Panjang Umur Perlawanan 👊” tulis narasi tersebut.

Benarkah video yang beredar merupakan demo mahasiswa di Palembang baru-baru ini?

Baca Juga: Ada Demo Mahasiswa, TransJakarta Beroperasi Hingga Pukul 24.00 WIB

1. Video demo mahasiswa pada 2019

[CEK FAKTA] Video Viral Mahasiswa Gempur Kantor DPRD PalembangTangkapan layar demo mahasiswa di Palembang yang merupakan hoaks (turnbackhoax.id)

Dilansir dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), video tersebut merupakan aksi ribuan mahasiswa di depan kantor DPRD Sumsel yang terjadi pada Selasa, 24 September 2019.

Video tersebut juga identik di kanal YouTube Tribunnews berjudul “Video Demo Mahasiswa Ricuh di Depan DPRD Sumsel” yang diunggah pada 24 September 2019.

2. Demo mahasiswa sempat diwarnai kericuhan

[CEK FAKTA] Video Viral Mahasiswa Gempur Kantor DPRD PalembangMahasiswa dari sejumlah Universitas mulai berdatangan di depan Patung Kuda, Jakarta Pusat untuk berunjuk rasa pada Kamis (8/10/2020) (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Diketahui, aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa se-Sumatra Selatan (Sumsel) di depan Gedung DPRD Sumsel pada Selasa, 24 September 2019 itu, sempat diwarnai keributan.

Lemparan gas air mata, water canon dan batu, serta kayu sempat membuat kondisi di depan Gedung DPRD Provinsi Sumsel memanas. Akibatnya, sebanyak 25 mahasiswa dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami benturan benda tumpul dan sesak napas akibat gas air mata.

Dari data yang diterima IDN Times saat itu, terdapat 25 orang yang dirawat di RS Charitas Palembang akibat cedera yang dialami saat berunjuk rasa ini.

"Iya, untuk jumlahnya pasti saya belum bisa pastikan," jelas Humas Charitas, Kresna Tuti saat di konfirmasi IDN Times, saat itu.

Baca Juga: Ini Rute Pengalihan Arus Lalu Lintas Demo Mahasiswa 11 April

3. Demo mahasiswa Palembang yang terjadi baru-baru ini masuk kategori konteks yang salah

[CEK FAKTA] Video Viral Mahasiswa Gempur Kantor DPRD PalembangIlustrasi hoaks (IDN Times/Sukma Shakti)

Aksi demo tersebut berakhir setelah Ketua DPRD Sumsel sementara, RA Anita Noeringhati dan Giri Ramandha Kiemas, menemui pendemo. Anita pada saat itu berjanji menyampaikan aspirasi mahasiswa ke DPR. Terutama tuntutan dan menolak RUU KUHP, KPK, UU Minerba, hingga UU Pertanahan.

Berdasarkan penjelasan, klaim demo mahasiswa Palembang yang terjadi baru-baru ini adalah keliru, dan masuk dalam kategori konteks yang salah.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya