[CEK FAKTA] WNA China Datang ke IKN Pakai Baju Adat Dayak Naik Pesawat

Cek dulu faktanya sebelum dibagikan

Jakarta, IDN Times - Sebuah video yang memperlihatkan orang-orang mengenakan baju adat Dayak Kalimantan di dalam pesawat viral di media sosial.

Video yang diunggah pada 4 Mei 2022 tersebut menarasikan, orang dalam pesawat merupakan Warga Negara Asing (WNA) dari China yang akan menjadi penghuni Ibu Kota Negara (IKN).

"Warga negara asing WNA dari China calon penghuni IKN sudah mulai berdatangan mempergunakan Tradisi pakaian adat Dayak Kalimantan.semogah tragedi MANGKOK MERAH jilid 2 akan terjadi," tulis narasi video uang diunggah akun Facebook Tjokro Pramesti Ponjowati.

Benarkah orang yang berpakaian adat Dayak tersebut merupakan WNA China?

Baca Juga: Andi Arief Tak Terima Dipanggil KPK,  Sebut Itu Berita Hoaks

1. Orang di pesawat merupakan Suku Dayak Iban Sarawak

[CEK FAKTA] WNA China Datang ke IKN Pakai Baju Adat Dayak Naik PesawatCek fakta puluhan WNA China ke IKN/dok Turnbackhoaks

Dilansir laman Indonesianhoaks, video yang memperlihatkan orang-orang dengan pakaian adat suku Dayak sedang menaiki pesawat yang diklaim sebagai warga China calon penghuni IKN di Kalimantan yang mulai berdatangan mengenakan pakaian adat dayak Kalimantan, merupakan klaim yang salah.

Faktanya, orang-orang di video tersebut dari Suku Dayak Iban Sarawak yang terbang dari Miri, Sarawak, Malaysia ke Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia pada 30 April 2022 menggunakan pesawat Air Asia.

2. Terdengar suara pepatah Suku Dayak Iban

[CEK FAKTA] WNA China Datang ke IKN Pakai Baju Adat Dayak Naik PesawatCek fakta puluhan WNA China ke IKN/dok Turnbackhoaks

Dalam video tersebut terdengar kata-kata "Agi Idup, Agi Ngelaban" yang merupakan pepatah Iban berarti "Berjuang selagi napas masih ada".

Berdasarkan penelusuran di Google dengan kata kunci "Suku Dayak Iban" naik pesawat, ditemukan sebuah video berjudul 60 Orang Dayak Naik Pesawat yang diunggah di kanal YouTube Onal Majan pada 2 Mei 2022.

Baca Juga: KPU Optimistis Bisa Tangkal Hoaks dalam Pemilu 2024

3. Video yang dibagikan dengan narasi WNA China termasuk hoaks

[CEK FAKTA] WNA China Datang ke IKN Pakai Baju Adat Dayak Naik PesawatIlustrasi hoaks (IDN Times/Sukma Shakti)

Video ini merupakan unggahan ulang dari video yang diunggah oleh akun Tiktok @cwekbajumerah pada 30 April 2022.

Dari hasil penelusuran di akun Tiktok @cwekbajumerah tersebut, ditemukan video yang sama dengan yang diunggah sumber klaim yaitu video yang diberi narasi "The spirit ! So proud to be part of this historic event Agi idup,Agi Ngelaban! Oooo ha!" yang diunggah pada 30 April 2022.

Beberapa video lain yang identik, adalah video berjudul "60 passengers in traditional Sarawakian sirat costume led by Panglima Peter John Jaban board Air Asia Flight from Miri to Kota Kinabalu. We are so proud to be part of this momentous and historic event! Agi Idup, Agi Ngelaban! Oooo ha!!" yang diunggah pada 30 April 2022 dan video dengan narasi "Welcome onboard Air Asia, MYY-BKI, 30/04/2022"

Jadi video dengan narasi WNA berpakaian Dayak berdatangan di IKN kategori hoaks.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya