Cerita Orangutan Liar Gemetar Ketakutan Saat Api Merembet ke Sarangnya

Kebakaran hutan hampir melahap sarang orangutan

Jakarta, IDN Times - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terus meluas di wilayah Sumatera dan Kalimantan, menyebabkan banyak satwa kehilangan tempat tinggal. Mereka terus tergusur dan bahkan menjadi korban api yang terus membara. 

Di Kalimantan, petugas Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Pangkalan Bun Naoval Aqly mengungkapkan, sejumlah satwa menjadi korban kebakaran hutan dan lahan, terutama orangutan liar yang tinggal di dalam hutan.

Kepada IDN Times, Naoval menceritakan upaya petugas menyelamatkan sarang orangutan di lahan yang terbakar di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Baca Juga: [FOTO] Sedih! Hewan dan Tanaman Ini Jadi Korban Kebakaran Hutan

1. Petugas Manggala Agni menemukan sarang orangutan saat mengatasi kebakaran hutan dan lahan

Cerita Orangutan Liar Gemetar Ketakutan Saat Api Merembet ke SarangnyaDok.istimewa

Naoval menceritakan, usai melepas lelah di posko sekitar pukul 22.00, dia melihat gerakan di ujung pohon, semakin lama gerakan itu semakin cepat.

"Saya pikir angin, namun saat saya sinari dengan lampu senter ternyata pohon itu menjadi sarang orangutan, saya tidak tahu persis berapa (orangutan) karena gelap," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Rabu (18/9).

2. Tim bergerak cepat menyekat dan mendinginkan lokasi yang menjadi sarang orangutan

Cerita Orangutan Liar Gemetar Ketakutan Saat Api Merembet ke SarangnyaDok. Dishut Kaltim

Naoval dan teman-temannya pun langsung sigap memberikan pertolongan, menyelamatkan sarang orangutan itu. Tim Manggala Agni menyekat dan mendinginkan lokasi yang menjadi sarang orangutan tersebut.

"Saat itu memang titik api belum sampai di sarang orangutan, tetapi kami khawatir api merembet cepat, sehingga kami lakukan penyekatan dengan menyiram air di sumber api dan lakukan pendinginan dengan air di bawah sarang orangutan tersebut," terangnya.

3. Orangutan gemetar ketakutan

Cerita Orangutan Liar Gemetar Ketakutan Saat Api Merembet ke SarangnyaIG: orangutan_cop

Naoval mengungkapkan, saat itu orangutan tersebut gemetar ketakutan di atas pohon. Kendati demikian, orangutan itu tidak langsung dievakuasi.

"Mereka orangutan liar, jadi kami evakuasi di lahan sekitar agar tidak terbakar," ucap Naoval yang asli dari Kalimantan Selatan. 

4. Khawatir orangutan akan menyerang perkampungan untuk sekedar mencari makan

Cerita Orangutan Liar Gemetar Ketakutan Saat Api Merembet ke SarangnyaIG: @theorangutanproject

Naoval mengaku sedih melihat habitat orangutan yang semakin tergerus akibat kebakaran hutan dan lahan. Dia khawatir orangutan akan menyerang perkampungan untuk sekedar mencari makan.

"Sampai saat ini belum ada laporan serangan orangutan, tetapi ada orangutan yang masuk lahan cuma cari makan," paparnya.

Baca Juga: Kebakaran Hutan, Banyak Satwa Mati Terbakar Hidup-Hidup

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya