Cerita Wapres Diuji Presiden Jokowi, Ma'ruf: Kuat Apa Tidak Pak Kiai?

Tugas wapres lebih berat ketimbang kampanye Pilpres

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengaku, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengujinya sebagai wapres dengan menugaskan ke Jepang, untuk menghadiri penobatan Kaisar Jepang Naruhito.

"Rupanya Pak Jokowi menguji saya, 'Kuat apa tidak Pak Kiai ini?' malam pulang (dari Jepang), besok paginya pelantikan menteri, berikutnya langsung sidang kabinet. Tadi pelantikan wakil menteri. 'Wah rupanya Kiai kuat apa tidak ini?'" ujar Ma'ruf dilansir dari Antara, Jumat (25/10).

1. Ma'ruf Amin seperti tidak bernapas saking banyaknya kegiatan

Cerita Wapres Diuji Presiden Jokowi, Ma'ruf: Kuat Apa Tidak Pak Kiai?Twitter/@KSPgoid

Ma'ruf kemudian menceritakan kunjungan kerja ke Jepang dilakukan dalam kurun kurang dari 24 jam, sejak dilantik menjadi wapres pada Minggu (20/10) lalu.

Saat itu, mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu diminta mewakili Presiden Jokowi menghadiri penobatan Kaisar Jepang.

"Tidak bernapas lagi, langsung pergi. Sampai di sana tidak bernapas juga, datang malam, pagi ketemu dengan Yang di-Pertuan Agong. Habis itu ke tempat penobatan, pulang, salat zuhur, asar, ketemu Pak Fukuda, langsung habis itu ke airport balik lagi (ke Jakarta)," cerita Ma'ruf.

2. Tugas wapres lebih berat daripada saat kampanye Pilpres 2019

Cerita Wapres Diuji Presiden Jokowi, Ma'ruf: Kuat Apa Tidak Pak Kiai?Twitter/@KSPgoid

Menurut Ma'ruf, tugas sebagai wapres merupakan tugas yang lebih berat daripada ketika kampanye pemenangan pasangan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019.

"Sebenarnya justru sekarang ini yang saya hadapi itu, jauh lebih berat daripada memenangi pilpres nya. Karena sekarang memikul tanggung jawab untuk melaksanakan amanah yang telah diberikan," ujar dia.

3. Ma'ruf Amin menghadiri penobatan Kaisar Jepang yang baru, Naruhito

Cerita Wapres Diuji Presiden Jokowi, Ma'ruf: Kuat Apa Tidak Pak Kiai?Google Street View

Hanya sehari setelah dilantik, Wakil Presiden Ma’ruf Amin langsung melakukan lawatan kerja pertamanya ke Tokyo, Jepang. Ma’ruf ke Jepang untuk mewakili Presiden Joko Widodo dalam rangka menghadiri penobatan Kaisar Jepang yang baru, Naruhito.

Dalam kunjungan itu, Wapres Ma’ruf didampingi istrinya, Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Wakil Presiden Mohamad Oemar beserta sang istri, Gayatri Dewi Oemar.

4. Kaisar Naruhito melanjutkan takhta ayahnya

Cerita Wapres Diuji Presiden Jokowi, Ma'ruf: Kuat Apa Tidak Pak Kiai?REUTERS Via ANTARA FOTO

Kaisar Naruhito melanjutkan takhta ayahnya, Kaisar Akihito, yang memutuskan untuk melepaskan jabatannya karena faktor usia dan kesehatan.

Dalam konstitusi Jepang, kaisar tidak memiliki kekuatan politik dalam pemerintahan Negeri Sakura tersebut. Tugas resmi kaisar sebagian besar dikendalikan Badan Rumah Tangga Kekaisaran.

Baca Juga: Masduki Baidlowi Ditunjuk Jadi Jubir Wapres Ma'ruf Amin

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya