Daftar Penerbangan Sriwijaya Air yang Delay Imbas Soetta Macet Total

Sejumlah maskapai berikan layanan reschedule dan refund

Jakarta, IDN Times - Sriwijaya Air Group menggratiskan biaya reschedule kepada penumpang pada Selasa (10/11/ 2020). Airport Station Manager Sriwijaya Air Group di Bandara Soekarno-Hatta, Taufik Sabar mengungkapkan kondisi arus lalu lintas menuju ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengalami macet total akibat kerumunan massa menyambut kedatangan kembali Habib Rizieq Shihab.

Ribuan kerumunan massa sudah tampak mulai memenuhi kawasan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejak dini hari, dan akhirnya sampai menutup akses keluar masuk ke Bandara termasuk kawasan Terminal 1 dan 2.

"Beberapa penerbangan Sriwijaya Air dan NAM Air pagi ini terpaksa mengalami keterlambatan," ujarnya melalui siaran tertulis yang diterima IDN Times.

1. Daftar jadwal penerbangan yang mengalami delay selama 1-3 jam

Daftar Penerbangan Sriwijaya Air yang Delay Imbas Soetta Macet TotalIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Taufik merincikan penerbangan yang terdampak seperti penerbangan SJ 184 rute Jakarta-Pontianak, SJ penerbangan 160 rute Jakarta – Balipapan, penerbangan IN 180 rute Jakarta – Pontianak, penerbangan SJ 072 rute Jakarta – Pangkalpinang.

Lalu penerbangan IN 056 rute Jakarta – Tanjung Pandan, penerbangan SJ 182 rute Jakarta – Pontianak, penerbangan SJ 054 rute Jakarta – Tanjungpandan, SJ 024 rute Jakarta – Padang dan penerbangan IN 170 rute Jakarta – Semarang.

"Untuk lamanya durasi keterlambatan pun bervariasi antara 1 sampai 3 jam. Melihat kondisi saat ini, ada beberapa flight lainnya yang tampaknya akan terkena imbas juga dari kemacetan parah di kawasan Bandara Soekarno Hatta sampai siang hari ini," imbuhnya.

Baca Juga: Imbas Kemacetan Akses Bandara Soetta, Garuda Gratiskan Refund Tiket 

2. Fasilitas rebook atau reschedule secara gratis untuk penumpang

Daftar Penerbangan Sriwijaya Air yang Delay Imbas Soetta Macet TotalSuasana Terminal 3 Bandara Soekatno-Hatta (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Direktur Niaga Sriwijaya Air Group, Henoch Rudi Iwanudin menjelaskan Sriwijaya Air Group memahami betul kondisi sulit yang dirasakan oleh para pelanggan setia yang terdampak kemacetan di kawasan Bandara Soekarno Hatta.

"Kami pun memberikan fasilitas rebook atau reschedule secara gratis kepada penumpang yang penerbangannya terdampak pada 10 November 2020 ini," ucapnya.

Adapun proses rebook atau reschedule serta refund seluruh pelanggan Sriwijaya Air dan NAM Air dapat langsung menghubungi Call Centre yang beroperasi 24 jam di nomor 0804 17777 77.

3. Sejumlah maskapai juga berikan refund

Daftar Penerbangan Sriwijaya Air yang Delay Imbas Soetta Macet TotalInstagram.com/@sriwijayaair

Sementara itu, PT Angkasa Pura II mengatakan, penumpang yang memiliki tiket keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta hari ini dapat melakukan reschedule dan juga refund.

"Adapun maskapai yang telah mengkonfirmasi dapat dilakukannya rescheduled atau refund adalah Lion Air, Batik Air, Garuda Indonesia dan Citilink," ujar Plt. Senior Manager Branch & Communication Bandara Soekarno-Hatta, Haerul Anwar.

Haerul menuturkan, koordinasi telah dilakukan dengan para stakeholder termasuk maskapai. Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi agar penumpang bisa melakukan perjalanan tepat waktu.

"Kebijakan maskapai ini sebagai langkah antisipasi agar penumpang pesawat dapat tetap melakukan perjalanan di waktu yang berbeda," katanya.

Baca Juga: Imbas Macet karena Kedatangan Rizieq, 40 Penerbangan di Soetta Delay

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya