Debat Putaran Kedua Diprediksi Lebih Menggigit

Dua calon akan tampilkan performa terbaik.

Jakarta, IDN Times - Pengamat politik Ujang Komarudin memprediksi debat calon presiden 2019 putaran kedua lebih menggigit dibanding pertama. Berkaca dari debat pertama yang digelar 17 Januari lalu, kedua calon presiden diprediksi akan memberikan performa lebih baik dibanding sebelumnya.

1. Debat pertama kedua pasangan calon seperti robot

Debat Putaran Kedua Diprediksi Lebih MenggigitIDN Times/Istimewa

Ujang mengungkapkan jika debat putaran pertama tidak menggigit. Kedua pasangan calon presiden 2019 terkesan monoton, kaku seperti robot.

"Keduanya tidak memenuhi keinginan masyarakat, tidak ada rohnnya sehingga program-program yang diunggulkan tidak tersampaikan," ujarnya kepada IDN Times, Minggu (17/2).

Dia yakin debat Minggu (17/2) malam nanti akan lebih baik. Hal itu terlihat dari pihak penyelenggara yang tidak membocorkan pertanyaan dan kedua paslon.

2. Humor politik lebih baik disisipkan di debat kedua

Debat Putaran Kedua Diprediksi Lebih MenggigitIDN Times/Irfan fathurohman

Dosen Universitas Al Azhar tersebut menyarankan debat tidak harus terkesan serius, perlu diselingi humor-humor yang cerdas. Bentuknya bisa saja semisal pantun atau sanjungan untuk kedua paslon sehingga tidak menyuguhkan debat yang menegangkan.

"Debat dahulu tahun 2014, Pak Jusuf Kalla juga menyelipkan humor-humor yang memcerdaskan begitu pula yang dilakukan Gus Dur," paparnya.

Baca Juga: Debat Kedua Pilpres 2019, Erick Thohir: Jokowi Siap Offensif

3. Kedua paslon harus tampilkan performa terbaik.

Debat Putaran Kedua Diprediksi Lebih MenggigitIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Berbeda dari debat putaran pertama, debat Minggu (17/2) malam hanya akan menampilkan capres. Untuk itu, Ujang menyarankan agar dua capres menguasai materi secara detail dan kompresensif.

"Masyarakat tidak melihat tontonan yang ecek-ecek tapi melihat calon presiden yang akan membawa Indonesia untuk lima tahun ke depan," paparnya.

Acara malam nanti akan membuat seluruh lapisan masyarakat termasuk millennial akan mengetahui performa calon pemimpin negara dan menentukan pilihan.

4. Debat akan memampilkan sesi terbuka

Debat Putaran Kedua Diprediksi Lebih MenggigitIDN Times/Irfan fathurohman

Seperti diketahui debat putatan kedua akan berlangsung Minggu (17/2) malam.Sejumlah perubahan dilakukan diantaranya segmen debat terbuka. 

Salah satu moderator debat kedua, Tommy Tjokro mengatakan bahwa dalam debat kali ini akan menampilkan sesi debat terbuka tanpa batasan waktu di segmen keempat.

"Segmen empat ini isinya debat terbuka, tak ada timer di masing-masing calon, waktu kontrol sepenuhnya di tangan moderator," ujar Tommy seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Debat Kedua, Strategi Jokowi Masih Rahasia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya