Dikira Sampah, Petugas Cleaning Service Temukan Uang Rp500 Juta di KRL

Bungkusan uang itu sempat ditendang-tendang penumpang lain

Jakarta, IDN Times - Petugas kebersihan atau cleaning service kereta rel listrik (KRL), Mujenih (30), menemukan uang senilai Rp500 juta dalam kantong plastik. Dia mengira tumpukan uang ratusan juta tersebut sampah, karena tergeletak di gerbong kereta yang parkir di Stasiun Bogor, Jawa Barat.

Tapi, pria yang berdomisili di Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, itu mengaku tak kaget ketika menemukan uang Rp500 juta, sebab menurutnya uang itu hak orang lain yang harus dikembalikan.

Baca Juga: Anies Sebut KRL Tempat Penularan COVID-19, Begini Respons PT KCI

1. Bungkusan berisi tumpukan uang itu sempat ditendang-tendang penumpang dikira sampah

Dikira Sampah, Petugas Cleaning Service Temukan Uang Rp500 Juta di KRLIlustrasi KRL/Kereta (IDN Times/Dwi Agustiar)

Mujenih mengungkapkan, tumpukan uang pecahan Rp100 ribu itu ia temukan sekitar pukul 15.30 WIB pada Senin 6 Juli 2020. Saat itu ia tengah mengepel lantai KRL jurusan Jakarta-Bogor yang baru saja tiba di Stasiun Bogor. 

Menurut dia, sebelum mengetahui kantong plastik itu berisi uang, tak satu pun penumpang KRL yang lalu lalang menaruh perhatian, bahkan beberapa di antaranya sempat menendang-nendang bungkusan tersebut lantaran mengira berisi sampah.

"Awalnya saya lagi kerja, terus kata keamanannya ada bungkusan, sampah atau apa ya, saya buka berdua sama dia. Pas lihat, saya langsung kembalikan saja ke PS (passanger service) Stasiun Bogor," terang pria yang sudah tiga tahun bekerja di PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) itu.

2. Pemilik sempat mencari uang tersebut

Dikira Sampah, Petugas Cleaning Service Temukan Uang Rp500 Juta di KRLAntrean di Stasiun KRL Citayam, Senin (6/6/2020) (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Setelah dia menyerahkan setumpuk uang dalam plastik hitam ke PS Stasiun Bogor, selang 10 menit pemiliknya yang merupakan laki-laki paruh baya, langsung datang mengambilnya.

"Dia turun dari jalur lima, sempat nyariin di jalur empat. Sekitar 10 menit diserahkan ke PS, dia datang langsung," terang Mujeni.

3. Uang tersebut milik orang sepuh

Dikira Sampah, Petugas Cleaning Service Temukan Uang Rp500 Juta di KRLBupati Bogor Ade Yasin (kanan) memantau operasional perjalanan KRL Commuter Line di Stasiun Bojonggede, Jawa Barat, Senin (20/4/2020). ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Mujenih menyebutkan, pemilik uang tersebut merupakan pria yang sudah tua.

"Milik orang tua, udah sepuh orangnya, tapi saya gak sempet foto, cuma ketemu di depan pintu PS (passanger service) Stasiun Bogor," ungkap Mujenih.

Baca Juga: Padatnya Stasiun KRL Pagi Ini Bikin Penumpang Takut dan Kapok

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya