Comscore Tracker

Ditemukan Telur Busuk di Bansos, Mensos: Kita Cek dan Langsung Diganti

Pemprov Jabar sudah mengganti telur yang rusak

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Juliari Batubara mengaku kaget mendengar ada paket bantuan sosial yang busuk karena tidak segera disalurkan. Dia akan mengecek dan mengganti bansos yang tidak layak.

"Kita akan cek dulu ke lapangannya, jika busuk akan kita ganti," ujarnya pada IDN Times, Selasa (30/6

1. Kemensos tegaskan bansos bukan hanya dari pihaknya saja

Ditemukan Telur Busuk di Bansos, Mensos: Kita Cek dan Langsung DigantiPenyaluran bansos ditargetkan selesai 15 Juli (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Hartono Laras menerangkan bahwa bansos untuk terdampak COVID-19 tidak hanya dari Kemensos. Namun, ada juga dari pemerintah daerah atau kementerian lain.

Dia menambahkan, dalam penyaluran distribusi paket sembako sudah dilakukan sejumlah terobosan. Yakni menambah vendor dari sebelumnya 5 menjadi 20-an bahkan lebih. Selain itu, menyederhanakan item sembako dalam dari 10 item disederhanakan dengan nilai sama.

Lalu bekerja sama dengan Bulog dalam penyaluran bansos berupa beras Tahap II dan IV menjadi satu kali penyaluran.

"Kami juga menambah transporter agar bansos langsung tersalurkan," terangnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Pemda Segera Cairkan Anggaran Kesehatan dan Bansos 

2. 300 kilogram telur paket sembako terdampak COVID-19 busuk

Ditemukan Telur Busuk di Bansos, Mensos: Kita Cek dan Langsung Digantipixabay

Diketahui sebanyak 300 kilogram telur dari paket sembako untuk warga terdampak COVID-19 busuk dan harus dimusnahkan karena paket sembako tidak kunjung tersalurkan di Provinsi Jawa Barat.

Ketua Tim Penyaluran Bansos Provinsi Jabar Dudi Sudradjat Abdurachim mengatakan, telur dalam keadaan rusak sudah diganti oleh Bulog Jabar.

Melalui surat perintah, Sekretaris Daerah Jabar menugaskan para eselon 2 sebagai petugas penghubung (liasion officer) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jabar untuk mengantisipasi hambatan dalam pendistribusian bansos provinsi.

"Untuk saat ini, para LO ditugasi khusus untuk monitoring evaluasi terhadap bansos provinsi, menyelesaikan dan mengantisipasi hambatan dalam penyaluran bansos," kata Dudi, dalam siaran tertulis.

3. Bulog Jabar sudah ganti telur yang busuk

Ditemukan Telur Busuk di Bansos, Mensos: Kita Cek dan Langsung DigantiDok.Humas Jabar

Kepala Desa (Kades) Padawaras Yayan Siswandi mengonfirmasi bahwa telur yang rusak telah diganti oleh Bulog Jabar.

"Sudah merespons dan mengganti telur yang rusak. Atas nama masyarakat desa mengucapkan terima kasih telah merespons atas kerusakan telur-telur yang dibagikan kepada masyarakat," katanya.

Baca Juga: Telur Bansos Sering Busuk, Pemprov Jabar Ganti dengan Susu dan Masker

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya