Djarot Kecewa Lihat Kondisi Terkini RPTRA Kalijodo

Dulu diresmikan Ahok

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku miris melihat kondisi Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Utara. 

Dalam unggahan akun Instagram pribadinya, politikus dari PDIP Perjuangan mengaku kecewa melihat keadaan dari ruang publik yang dulu diperjuangkannya bersama dengan eks Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Diketahui sebelum dijadikan Taman, Kalijodo adalah sarang prostitusi atau tempat hiburan malam. Barulah pada 2017, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadikannya Ruang Terbuka Hijau dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

"Kalijodo setelah 5 tahun yang lalu kita benahi menjadi RTH-RPTRA. Lapak jualan yang padat, retakan pada bangunan, tidak terawat dan sampah yang menggunung. Miris dan kecewa," ujarnya dikutip akun @djarotsaifulhidayat, Minggu (9/4/2023).

Baca Juga: Menelusuri Taman Warisan Ahok, RPTRA Kalijodo Kini Tampak Kusam

1. Bangunan berpotensi roboh

Djarot Kecewa Lihat Kondisi Terkini RPTRA KalijodoSuasana Taman Kalijodo di siang hari, Jalan Bidara Raya, Pejagalan, Penjaringan, Angke, Tambora, Jakarta Utara (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dalam unggahan videonya, Djarot yang mengenakan kaus hitam dan topi putih itu berkeliling meninjau fasilitas publik dia bangun bersama Ahok.

"Ini potensi roboh ini," ujarnya sambil menunjuk dinding yang mulai retak.

Baca Juga: Ini Perbedaan Alexis dan Kalijodo versi Ahok

2. Koordinator RPTRA Kalijodo klaim kondisi taman terawat

Djarot Kecewa Lihat Kondisi Terkini RPTRA KalijodoSuasana Taman Kalijodo di siang hari, Jalan Bidara Raya, Pejagalan, Penjaringan, Angke, Tambora, Jakarta Utara (IDN Times/Lia Hutasoit)

Terpisah Koordinator RPTRA Kalijodo, Hamdan menegaskan saat ini baik fasilitas maupun bangunan gedung RPTRA tidak ada yang mengalami rusak dan masih dalam kondisi terawat, rapi, dan bagus sehingga aman dan nyaman untuk pengunjung.

"Termasuk dinding tembok beton RPTRA Kalijodo juga bagus dan kokoh tidak ada yang retak jadi aman dan nyaman untuk pengunjung," ujarnya saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Sinar Mas Land Jadi Perias Wajah Baru Kalijodo, Bakal Jadi Apa Nantinya?

3. RPTRA Kalijodo ramai saat sore hari

Djarot Kecewa Lihat Kondisi Terkini RPTRA KalijodoTwitter/@yohanfirdaus30

Dia mengatakan untuk merawat dan menjaga RPTRA yang diresmikan pada Februari 2017 tersebut, pihaknya mengerahkan enam personel. Fasilitas yang ada di RPTRA ini di antaranya, tempat bermain anak, lapangan bola, taman, ruang perpustakaan, ruang laktasi, toilet dan lain sebagainya. Menurutnya, perawatan terus dilakukan demi keamanan dan kenyamanan pengunjung.

“Selama bulan puasa, RPTRA biasanya ramai saat menjelang sore hari. Tapi kalau hari biasa banyak juga kegiatan yang ada di sini seperti melukis dan menari sehingga RPTRA ini selalu ramai baik pagi maupun sore hari,” ucap Hamdan.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya