DKI Siapkan Kejutan di HUT ke-78 RI, Heru: Tahun Ini Terakhir

Upacara HUT RI berikutnya akan digelar di IKN

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta akan memberikan sebuah kejutan bagi warga Jakarta dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal tersebut dinyatakan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, usai memimpin rapat persiapan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (27/3/2023). Heru mengaku akan mempersiapkan perayaan dan upacara yang terbaik karena tahun ini jadi merupakan upacara Kemerdekaan RI terakhir di Jakarta.

"Untuk diketahui, upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini merupakan upacara terakhir di Jakarta, karena upacara selanjutnya pada 2024 akan diselenggarakan di IKN Nusantara. Oleh karena itu, pemerintah ingin memberikan kenangan terbaik," kata Heru di Balai Kota, Senin (27/3/2023).

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Punya Slogan Baru untuk Dukung IKN Nusantara

1. Heru siapkan kejutan

DKI Siapkan Kejutan di HUT ke-78 RI, Heru: Tahun Ini TerakhirSuasana Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Heru mengungkapkan pihaknya akan menyuguhkan perayaan yang meriah menjelang pindahnya Ibu Kota Negara. Berbagai kegiatan akan digelar di Jakarta sepanjang Agustus mendatang, di antaranya pesta rakyat serta panggung hiburan sebelum dan sesudah puncak acara.

Kemudian, ada juga zikir nasional, pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), renungan malam, hingga acara puncak upacara HUT Kemerdekaan pada 17 Agustus, serta kegiatan tambahan lainnya.

"Di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, nanti ada sesuatu yang menarik. Belum bisa saya beri tahukan. Ini surprise, nanti mulai 15 Agustus ke atas, di minggu pertama, ada sesuatu yang dapat dilihat masyarakat pada malam hari. Ini terbuka untuk umum," katanya.

2. Beragam rangkaian acara sambut HUT Kemerdekaan RI

DKI Siapkan Kejutan di HUT ke-78 RI, Heru: Tahun Ini TerakhirArdelia Muthia Zahwa bertugas sebagai Pengibar Bendera Merah Putih saat Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Pemprov DKI Jakarta akan berkontribusi mulai dari persiapan hingga pelaksanaan rangkaian acara HUT Kemerdekaan RI yang akan digelar mulai dari 1 hingga 30 Agustus 2023.

"Kontribusi Pemprov DKI banyak untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Ada kegiatan hiburan di Monas, bikin panggung, food truck di sekitaran Monas, dan memfasilitasi 38 provinsi untuk parade, dan akan ada acara di Bundaran Hotel Indonesia," ujar Heru yang juga menjabat Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres).

Baca Juga: Silvia Halim Masuk Otorita IKN, MRT Jakarta Tunjuk Direktur Baru

3. Pemprov antisipasi keamanan dan ketertiban selama rangkaian acara HUT Kemerdekaan

DKI Siapkan Kejutan di HUT ke-78 RI, Heru: Tahun Ini TerakhirSuasana Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Untuk itu, Heru meminta seluruh jajaran Pemprov DKI dapat mengantisipasi keamanan dan ketertiban selama rangkaian acara HUT Kemerdekaan dilaksanakan, terutama kegiatan yang akan memakai jalur kendaraan bermotor agar tidak mengganggu mobilitas warga di jalan.

"Pemprov DKI harus memikirkan antisipasi kebutuhan warga yang ingin menggunakan lalu lintas sehari-hari. Harus dihitung bagaimana menutup jalur jalannya, dihitung kemacetannya sampai bundaran Hotel Indonesia, lalu rute Transjakarta harus dialihkan ke mana. Semuanya harus dipikirkan dengan baik, agar tidak merugikan masyarakat," kata Heru.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI terakhir di Jakarta dan menyambut pemindahan Ibu Kota ke IKN Nusantara," imbuhnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya