Dokter Reisa: Berenang Sudah Boleh 

Agar aman ke kolam renang, tetap patuhi protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Anggota Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Reisa Broto Asmoro, mempersilakan orang yang berisiko rendah tertular virus corona untuk berolahraga di luar ruangan, salah satunya berenang. Asalkan, tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Yang ditunggu dan sudah banyak ditanya oleh orang, apakah kita sudah boleh menggunakan kolam renang? Ya," kata Reisa dikutip dari video channel BNBP, Senin (29/6).

Baca Juga: Berolahraga di Masa Pandemik COVID-19? Ini Anjuran Dokter Reisa 

1. Pengelola harus pastikan kolam renang mengandung disinfektan klorin dengan kadar yang telah ditentukan

Dokter Reisa: Berenang Sudah Boleh Ilustrasi kolam renang (IDN Times/Sunariyah)

Walau demikian, Reisa mengimbau agar pengelola dan pengunjung kolam renang mematuhi protokol kesehatan.

"Pengelola kolam renang harus memastikan bahwa kolam renang mengandung disinfektan klorin dengan kadar 1-10 ppm atau bromin dengan kadar 3-8 ppm. Sehingga, pH air mencapai 7,2 sampai 8. Setiap hari hasilnya harus disampaikan di papan informasi agar semua pengguna tahu," paparnya.

2. Pengelola desinfeksi area kolam renang secara rutin

Dokter Reisa: Berenang Sudah Boleh Ilustrasi Kolam Renang, Berenang (IDN Times/Dwi Agustiar)

Reisa meminta agar pengelola juga memastikan kebersihan dengan menyemprotkan disinfektan di sekitar area kolam renang dan permukaan kolam secara rutin. Selain itu, jumlah pengguna kolam juga harus dibatasi.

"Pembatasan dilakukan agar bisa menerapkan jaga jarak, baik di dalam kolam renang, dan menerapkan jaga jarak terutama di ruang gantinya," lanjut Reisa.

3. Tiap pengunjung dipastikan harus sehat

Dokter Reisa: Berenang Sudah Boleh Ilustrasi kolam renang (IDN Times/Sunariyah)

Reisa menambahkan, tiap pengunjung yang datang ke kolam renang dipastikan dalam kondisi sehat dengan mengisi self asessment risiko COVID-19.

"Bawa perlengkapan pribadi masing-masing, termasuk handuk, dan gunakan masker sebelum dan setelah berenang," ujar Reisa.

Baca Juga: Pemkot Belum Izinkan Bandung Zoo dan Kolam Renang Buka untuk Umum 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya