Erupsi Kawah Sileridi Dieng Usai Buka Puasa, Tak Ada Korban Jiwa 

Jangan percaya hoaks

Jakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah, memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian erupsi freatik di Kawah Sileridi Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

"Korban jiwa nihil, hanya ada satu motor dan satu mobil terkena lumpur. Namun, pengemudinya selamat dan dalam kondisi baik," kata Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto dilansir dari ANTARA, Jumat (30/4/2021).

1. BPBD imbau warga tidak melintas lokasi

Erupsi Kawah Sileridi Dieng Usai Buka Puasa, Tak Ada Korban Jiwa 

Kendati demikian, BPBD Banjarnegara mengimbau warga untuk tidak melintas di sekitar lokasi kejadian hingga kondisinya memungkinkan.

"Untuk sementara waktu, kami mengimbau tidak melintas. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah antisipasi," katanya

Baca Juga: Erupsi Sinabung Sejak Selasa Malam, Kolom Abu Mencapai 1,5 Km

2. Tim BPBD pasang rambu-rambu penyekatan

Erupsi Kawah Sileridi Dieng Usai Buka Puasa, Tak Ada Korban Jiwa Petani membersihkan tanaman brokoli dan cabai rawit yang tertutup debu vulkanik pascaerupsi Gunung Sinabung di Desa Naman, Kecamatan Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (11/8/2020). (ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting)

Dia mengatakan BPBD Banjarnegara akan menyosialisasikan mengenai imbauan agar warga tidak melintas di sekitar lokasi kejadian.

"Tim gabungan dari berbagai unsur, untuk sementara waktu ini juga telah memasang rambu-rambu mengenai pengalihan jalur," katanya.

3. Erupsi freatik terjadi pada Kamis pukul 18.25 WIB

Erupsi Kawah Sileridi Dieng Usai Buka Puasa, Tak Ada Korban Jiwa ANTARA FOTO/Dok PVMBG

Sebelumnya, BPBD Banjarnegara menginformasikan telah terjadi erupsi freatik di Kawah Sileri, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara,.

Erupsi freatik tersebut terjadi pada Kamis pukul 18.25 WIB dengan lontaran material sekitar 400 meter ke arah selatan.

Hingga sekarang, tim masih melakukan pemantauan guna mengantisipasi adanya bencana susulan.

Selain itu, kata dia, tim juga telah melakukan pengamanan mengingat jalan di sekitar lokasi kejadian sangat licin akibat material lumpur dan batu yang berasal dari lontaran kawah.

4. Masyarakat tetap waspada

Erupsi Kawah Sileridi Dieng Usai Buka Puasa, Tak Ada Korban Jiwa (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

BPBD Banjarnegara, kata dia, mengimbau masyarakat di wilayah setempat untuk tetap waspada dan jangan panik serta jangan mudah mempercayai kabar berita yang belum jelas kebenarannya atau hoaks.

"Warga kami imbau agar selalu waspada namun jangan panik dan jangan mudah percaya berita hoaks atau berita bohong yang belum jelas kebenarannya," katanya.

Dia mengatakan BPBD Banjarnegata akan terus menginformasikan perkembangan situasi terkini kepada masyarakat.

Baca Juga: Gunung Sinabung Erupsi, Embuskan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya