Evakuasi Jenazah Nakes Gabriela Meilani di Papua Diwarnai Penembakan

Gabriela Meilani jadi korban tewas serangan KKB Papua

Jakarta, IDN Times - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Papua, Donald Aronggear, mengungkapkan jenazah suster Gabriela Meilani sudah dievakuasi dari jurang dan ditempatkan di lokasi perlindungan terdekat di Kiwirok.

Diketahui, suster Gabriela Meilani tewas di jurang akibat serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Puskesmas Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada 13 September lalu.

"Proses evakuasi jenazah oleh helikopter TNI terkendala oleh cuaca yang kurang baik serta penembakan," ujar Donald dalam siaran tertulis, Minggu (19/9/2021).

Baca Juga: Kesaksian Nakes di Papua Lihat Rekan Disiksa dan Dibunuh KKB 

1. Pelayanan kesehatan di wilayah Kiwirok, Oksibil, dan Pegunungan Bintang dihentikan

Evakuasi Jenazah Nakes Gabriela Meilani di Papua Diwarnai PenembakanIlustrasi tenaga medis. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Donald menjelaskan seluruh pelayanan kesehatan di wilayah Kiwirok, Oksibil, dan Pegunungan Bintang saat ini dihentikan, seraya menunggu jaminan keamanan dari pemerintah untuk para tenaga kesehatan yang bertugas.

“Kami meminta pada seluruh pihak untuk memberikan privasi bagi para tenaga kesehatan yang menjadi korban penyerangan tersebut, karena masih mengalami trauma,” kata dia.

2. Pemerintah pusat bisa selesaikan masalah secepatnya agar pelayanan kesehatan di pedalaman berlanjut

Evakuasi Jenazah Nakes Gabriela Meilani di Papua Diwarnai PenembakanPara Nakes di Papua Berduka Cita atas meninggal Gabriela Meilani /Dok IDI Papua

Donald juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kerja sama dari TNI dan Polri di Papua yang telah membantu mengevakuasi, menyediakan fasilitas transportasi, dan masih banyak lagi bantun terhadap para korban.

“Kami berharap agar segera ada jawaban dari pemerintah provinsi dan pusat untuk penanganan masalah ini, supaya aktivitas melayani masyarakat, terutama di wilayah pedalaman bisa segera dilanjutkan, dan masyarakat yang membutuhkan penanganan kesehatan segera bisa ditangani,” kata dia.

 

3. KKB serang Distrik Kiwirok dan membakar sejumlah fasilitas umum

Evakuasi Jenazah Nakes Gabriela Meilani di Papua Diwarnai PenembakanPara Nakes di Papua Berduka Cita atas meninggal Gabriela Meilani /Dok IDI Papua

Diketahui, KKB menyerang Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, dan membakar sarana-prasarana serta fasilitas umum seperti puskesmas, sekolah, pasar, kantor Bank Papua, hingga perumahan guru dan tenaga medis. Saat kejadian, para nakes berpencar untuk menyelamatkan diri.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Widyawati menyampaikan duka cita mendalam dan menyesalkan peristiwa kekerasan yang diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (16/9/2021).

''Kami sangat menyayangkan peristiwa yang terjadi, sehingga
saudari Gabriela Meilan gugur dalam melaksanakan tugas,'' kata Widyawati dikutip laman kemkes.go.id, Kamis.

Kemenkes sebelumnya menerima informasi dari Polda Papua terkait dengan tindakan kekerasan yang diduga dilakukan KKB pada sejumlah tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang.

"Dari 10 tenaga kesehatan, sebanyak 8 orang sudah mengamankan diri di pos TNI," ujar Widyawati.

Sementara dua nakes yang sebelumnya dinyatakan ditahan KKB, setelah dilakukan pencarian prajurit TNI-Polri, hanya satu nakes berhasil ditemukan dalam keadaan hidup, dan satu lagi dalam kondisi meninggal dunia.

Baca Juga: TPNPB-OPM Bantah Melempar Nakes ke Jurang hingga Tewas

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya