Gandeng ITB, KPU Sosialisasi Teknologi Informasi untuk Pemilu 2024

KPU akan gunakan Sidalih untuk Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyosialisasikan
pemanfaatan teknologi informasi yang akan diterapkan pada pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah 2024.

Anggota KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan, pihaknya telah menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk merumuskan masterplan teknologi informasi KPU 2021-2025.  

"Kami merumuskan masterplan teknologi informasi KPU ini merupakan penyempurnaan dari masterplan sebelumnya, dengan mengakomodir perkembangan teknologi komunikasi yang ada," ujarnya dilansir kanal YouTube KPU, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: Timsel Serahkan Nama-Nama Calon Anggota KPU ke Jokowi, Ini Daftarnya

1. KPU sudah gunakan sejumlah aplikasi pada Pemilu 2019

Gandeng ITB, KPU Sosialisasi Teknologi Informasi untuk Pemilu 2024ANTARA FOTO/Rahmad

Dewa mengatakan, KPU sudah memanfaatkan sejumlah teknologi pada pemilu serentak 2019 lalu, dalam sejumlah aplikasi seperti Sipol, Sidalih, Sidapil, Situng, dan sistem aplikasi lainnya.  

"Pada saat pemilihan serentak 2020 KPU telah melakukan terobosan dengan menerapkan Sirekap, ke depan perlu kita kembangkan dan juga dilakukan inovasi dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan," ujarnya.  

2. KPU akan gunakan Sidalih

Gandeng ITB, KPU Sosialisasi Teknologi Informasi untuk Pemilu 2024KPU Binjai yang mencoba menggunakan Sidalih, guna mengetes kekuatan server (IDN Times/ istimewa)

Dewa menambahkan, KPU juga akan mengembangkan sistem informasi berbasis web, mobile, salah satunya aplikasi Sidalih untuk pemilu selanjutnya.

"Aplikasi tersebut berfungsi untuk mengetahui apakah seorang warga negara telah terdaftar sebagai pemilih atau belum," katanya.

3. Inovasi diharapkan menumbuhkan kepercayaan publik terhadap KPU

Gandeng ITB, KPU Sosialisasi Teknologi Informasi untuk Pemilu 2024Komisioner KPU (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Dewa menegaskan, teknologi komunikasi dan informasi yang tepat akan membantu efektivitas dan efisiensi KPU dalam penyelenggaraan pemilu ke depan.

"KPU akan terus mengevaluasi dan juga melakukan penyempurnaan terhadap sistem teknologi informasi yang terdapat di lingkungan KPU, dengan sejumlah inovasi diharapkan mampu menumbuhkan kepercayaan publik terhadap KPU," imbuhnya.

Baca Juga: DPR Belum Terima Surat Presiden soal Calon Anggota KPU dan Bawaslu

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya