Giring PSI Kritik Anies, Pasha: Bro Giring Pernah Kelola Kelurahan? 

Nama Giring dan Pasha jadi trending topik

Jakarta, IDN Times - Nama Plt Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menjadi trending topik setelah melontarkan kritik pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang penanganan banjir di ibu kota.

Giring menilai, selama tiga tahun, Anies tidak pernah serius mengatasi banjir di Jakarta. Giring menganggap Anies terbukti tidak punya kapabilitas mengelola Jakarta.

"Naturalisasi sungai yang selalu digembar-gemborkan Mas Anies terbukti cuma konsep di atas kertas, tidak dikerjakan di lapangan, sementara normalisasi sungai dihapuskan. Selain itu, menjelang musim hujan, tidak terlihat ada upaya mengeruk sungai, membersihkan saluran air, dan mengecek pompa," demikian tulis Giring seperti dikutip dari akun instagram miliknya @giring, Selasa (23/2/2021).

1. Anggaran Jakarta untuk formula E dan cat genting

Giring PSI Kritik Anies, Pasha: Bro Giring Pernah Kelola Kelurahan? Tim Asistensi Komisi Pengarah Medan Merdeka saat mengambil sejumlah sample penebangan pohon dan bekas uji coba lintasan Formula E di kawasan Monas, Rabu (26/2) (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Giring mengatakan jika tindakan itu tidak dilakukan, mustahil Jakarta bebas dari banjir. Padahal, menurut Giring, anggaran DKI Jakarta lebih dari cukup untuk membiayai itu semua.

"Anggaran Jakarta diboroskan untuk hal-hal tak perlu. Lihat saja, untuk pembayaran uang  muka Formula E, mempercantik JPO, atau mengecat genting-genting rumah warga. Dari sini, Gubernur Anies terlihat tidak mampu menyusun prioritas. Kebutuhan mendesak dinomorduakan, hal-hal bersifat kosmetik justru didahulukan," tulisnya.

Baca Juga: Pengamat: Anies Masih Pakai Tata Drainase Zaman Kolonial Atasi Banjir

2. Pasha Ungu langsung komentari status Giring

Giring PSI Kritik Anies, Pasha: Bro Giring Pernah Kelola Kelurahan? Instagram.com/pashaungu_vm

Kritikan Giring memanas saat dikomentari Sigit Purnomo Said atau Pasha ' Ungu' di kolom komentar. Pasha mengatakan penilaian Giring terhadap Gubernur Anies Baswedan terlalu kerdil.

Pasha yang menjabat Ketua DPP Partai Amanat Nasional menjelaskan pemerintah bekerja berdasarkan prinsip kebutuhan yang diimplementasikan oleh sistem oleh regulasi dan anggaran yang sudah diposkan di setiap OPD terkait.

"Saran bagi saudara2ku yang duduk diDPRD DKI Jakarta termasuk kader partai #PAN yang duduk di wilayah DKI untuk buka kembali blue print perencanaan pembangunan ibukota Jkt sejak zaman Belanda yang mana saya yakin semuanya sudah tertuang di dalamnya jawaban masalah bagaimana agar Jakarta tidak "lagi 'banjir," tulis Pasha.

3. Pasha menyarankan Giring bijak melihat situasi

Giring PSI Kritik Anies, Pasha: Bro Giring Pernah Kelola Kelurahan? Petugas hotel membawa koper milik tamu saat banjir melanda kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi serta drainase yang buruk membuat kawasan Kemang, Jakarta Selatan dilanda banjir hingga mencapai setinggi 1,5 meter (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Pasha mengungkapkan apa yang disampaikan Giring tidak tepat, sebab masalah Jakarta bukan hanya banjir. Pasha menyarankan agar Giring bijak melihat situasi yang saat ini sedang sulit. Sebaiknya, Giring membangun narasi yang menenangkan bukan meresahkan.

"Apakah bro giring sudah pernah teruji (kelola) di sebuah kota/daerah atau bahkan kelurahan? mohon maaf kalau saya keliru berpendapat bro ketum. salam milenial! hidup PSI! salam hormat saya -pasha- ketua DPP PAN ..," tulisnya.

4. Giring dan Pasha jadi trending topik

Giring PSI Kritik Anies, Pasha: Bro Giring Pernah Kelola Kelurahan? Giring Ganesha (Dok. PSI)

Sontak hal tersebut menuai beragam komentar dari warganet hingga trending topik di Twitter. Akun @mib06*** membenarkan komentar Pasha bahwa mengelola Jakarta tidak mudah.

"Mas Pasha benar juga..ngelola jkt yg udah jadi langganan banjir gak semudah yg biasa di sampaikan oleh para pengkritik....bangun ini..itu...terus banjir selesai..ya gak bisalah..," cuitnya.

Pendapat berbeda dilontarkan akun Twitter @abdu*** yang mempertanyakan pengalaman Pasha sebagai walikota.

"Haaalaaa..haaalaaa si pasha hanya bermodal mangap "pernah kah kau merasa!! bisa jadi walkot , sebelumnya apa pernah jadi RT ? , si Gub dki malah hanya kelola kementrian (gak tuntas lagi) *tiru nih ...yg sukses kelola kab 2 periode lalu jd Gubernur," cuitnya.

Baca Juga: 4 Anak Tewas Saat Banjir Jakarta, Anies: Genangan Bukan Tempat Bermain

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya