Guru Besar UGM Beberkan Bahaya Lianhua Qingwen Capsules (LQC) Donasi

BPOM cabut produk LQC donasi karena tak berizin edar

Jakarta IDN Times - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencabut rekomendasi terhadap produk Lianhua Qingwen Capsules (LQC) asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia sebagai donasi tanpa izin edar.

Dari kajian yang dilakukan BPOM diketahui produk tersebut tidak menahan laju keparahan, tidak menurunkan angka kematian, dan tidak mempercepat konversi swab test menjadi negatif.

"LQC yang dicabut rekomendasinya merupakan produk yang tanpa izin edar dan sebelumnya digunakan sebagai produk donasi dalam percepatan penanganan COVID-19. Sementara itu, ada pula produk LQC yang mempunya izin edar BPOM sebagai obat tradisional," ujarnya dikutip dalam Guru Besar Fakultas Farmasi UGM sekaligus Pakar Farmakologi dan Farmasi Klinik, Zullies Ikawati, dikutip laman ugm.ac.id, Senin (24/5/2021).

1. LQC Donasi berdampak pada peningkatan tekanan darah

Guru Besar UGM Beberkan Bahaya Lianhua Qingwen Capsules (LQC) DonasiFarmasiUGM.ac.id

Ia menyampaikan terdapat perbedaan komposisi dalam produk LQC donasi dengan yang terdaftar di BPOM. Dalam produk donasi terkandung bahan ephedra yang masuk dalam negative list bahan obat tradisional berdasarkan ketentuan BPOM No: HK.00.05.41.1384 Tahun 2005 tentang Kriteria dan Tata Laksana Pendaftaran Obat Tradisional, Obat Herbal Terstandar, dan Fitofarmaka.

“Komponen ini bisa menimbulkan efek yang berbahaya bagi tubuh salah satunya meningkatkan tekanan darah,” terangnya

Baca Juga: BPOM Cabut Izin Edar Lianhua dan Phellodendron 

2. BPOM tidak pernah keluarkan izin edar untuk LQC donasi

Guru Besar UGM Beberkan Bahaya Lianhua Qingwen Capsules (LQC) DonasiIDN Times/Helmi Shemi

Zullies menyampaikan bahwa produk LQC merupakan herbal yang biasanya digunakan untuk meringankan gejala influenza. Namun demikian, saat ini terjadi kekeliruan informasi di masyarakat terhadap produk ini.

“Ada misleading di masyarakat, produk ini diklaim bisa sembuhkan COVID-19. Padahal, BPOM tidak pernah mengeluarkan izin edar bagi produk LQC untuk penanganan COVID-19,” paparnya,

3. Cek keamanan produk herbal

Guru Besar UGM Beberkan Bahaya Lianhua Qingwen Capsules (LQC) Donasipom.go.id

Ia pun mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakan produk obat tradisional. Untuk memastikan keamanan produk herbal, masyarakat diminta untuk terlebih dahulu memastikan produk telah terdaftar di BPOM dan memperoleh izin edar. Langkahnya dengan mengecek produk melalui website BPOM yaitu https://cekbpom.pom.go.id/.

Selain itu, ia meminta masyarakat untuk tidak cepat percaya dengan berbagai promosi produk herbal yang kurang jelas kandungan di dalamnya. Lalu, upayakan untuk membeli produk-produk herbal di tempat-tempat resmi seperti apotek dan konsultasikan ke apoteker.

 

Baca Juga: BPOM Stop Lianhua Qingwen Donasi (LQC), Bukan Lianhua Qingwen Capsul

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya