Guru Honorer dan Ibu Tiga Anak Terharu Dapat Bansos Pertama Kali

Kemensos menyalurkan bantuan sosial 28.572 keluarga

Jakarta, IDN Times - Senyum guru honorer di sebuah Sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA) di Serang, Banten mengembang setelah menerima bantuan sosial tunai senilai Rp600 ribu.

Siti tidak menyangka mendapat bantuan. Sebagai guru honorer Siti hanya menerima honor Rp500 ribu setiap bulan.

"Saya harus menghidupi dua anak, dengan bantuan ini, saya sangat terbantu sehingga bisa buat beli tambah sembako," ujarnya menahan haru.

1. Amsiah kaget dapat bantuan

Guru Honorer dan Ibu Tiga Anak Terharu Dapat Bansos Pertama KaliPembagian paket sembako di Tangerang (Dok. Kemensos)

Hal senada disampaikan Amsiah, seorang ibu rumah tangga berstatus orang tua tunggal yang selama ini menggantungkan hidup dari tiga anaknya.

Namun, akibat wabah COVID-19 ini, dua dari tiga anaknya tersebut baru saja mendapatkan pemutusan hubungan kerja.

"Jujur saya kaget banget dapat bantuan dan tidak tahu mau bilang gimana," ujarnya terisak.

Baca Juga: Kemensos Salurkan Bansos Tunai Tahap Pertama kepada 28.572 Keluarga 

2. Kemensos menyalurkan bantuan sosial tunai tahap pertama kepada 28.572 keluarga

Guru Honorer dan Ibu Tiga Anak Terharu Dapat Bansos Pertama KaliMenteri Sosial Juliari P Batubara didampingi Sekertaris Dirjen Penanganan Fakir Miskin Nurul Farijati (Tenga) dan Walikota Tengarang Selatan Airin (kiri) menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera Kepada 5.965 Keluarga Penerima Manfaat Program Sembako Kota Tangerang Selatan. Program Bantuan Sembako ini bagian perluasan 20 juta KPM seluruh Indonesia (Dok. Kemensos)

Direktur Wilayah II Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos I Wayan Wirawan mengatakan Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan sosial tunai tahap pertama kepada 28.572 keluarga di Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (22/4).

Jumlah bantuan sosial (bansos) yang diberikan sebesar Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan. Total jumlah penerima bansos tunai di Kabupaten Tangerang sebanyak 102.757 keluarga.

"Jadi ada 28.572 keluarga yang diberi bansos hari ini adalah tahap pertama yang sudah terverifikasi dan akan berlanjut sampai selesai," ujar dia dalam siaran tertulis, Rabu (22/4).

 

3. Penerima bansos tunai merupakan keluarga yang terdampak virus corona

Guru Honorer dan Ibu Tiga Anak Terharu Dapat Bansos Pertama KaliCaption foto: Menteri Sosial Juliari P Batubara didampingi Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saat penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kelurahan Sawah, Ciputat, Selasa (21/4) dok Kemensos

Lebih lanjut, Wayan menjelaskan bahwa para penerima bansos tunai itu merupakan keluarga yang terdampak virus corona (Covid-19).

"Mereka kehilangan seperti pekerjaan, penghasilan, serta usaha, "ungkap Wayan.

Penyaluran bansos tunai tersebut, sebagai perwujudan dari Kemensos hadir untuk rakyat.

Baca Juga: Anies Akui Ada Kesalahan Data Penerima Bansos PSBB DKI Jakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya