Hari Pertama Observasi di Natuna, Puluhan WNI Olahraga

Mereka terlihat ceria

Jakarta, IDN Times - Ratusan warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari wabah virus corona di Tiongkok pada Minggu (2/2), saat ini dalam keadaan sehat di tempat karantina, Natuna, Kepulauan Riau.

Mereka mengawali hari pertama observasi itu dengan melakukan olahraga. Dikutip dari unggahan akun Instagram Juru Bicara Presiden Fajroel Rahman, @fadjroelrachman, terdapat video yang menggambarkan aktivitas WNI di alam bebas pada Senin (3/2) pagi.

1. Pagi ini mereka mengawali hari dengan olahraga

Hari Pertama Observasi di Natuna, Puluhan WNI Olahraga(Instagram@fadjroelrachman)

Dalam video tersebut, seorang pria mengenakan kaus bertuliskan Kemenkes di depan puluhan WNI dari Wuhan, yang mengenakan masker. Video yang berlatar pesawat ini menggambarkan kondisi WNI dalam yang tengah menjalani observasi dalam keadaan sehat.

"Halo Kemenkes, saya Budi dari Pusat Krisis Kesehatan bersama WNI dari Wuhan, pagi ini kami sehabis olahraga bapak, Insyaallah kami dalam keadaan sehat, monggo silakan teman-teman," ucap pria itu diiringi sorak sorai dari puluhan WNI yang umumnya mahasiswa itu.

Baca Juga: Corona Renggut 362 Nyawa, Sehari Bertambah 57 Orang yang Meninggal

2. Presiden Jokowi menggelar rapat usai kedatangan 243 WNI dari Wuhan

Hari Pertama Observasi di Natuna, Puluhan WNI OlahragaSebanyak 238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok, tiba di Bandara di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2) sekitar pukul 08.30 WIB. (Dok. Kementerian Luar Negeri)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo sempat menggelar rapat terbatas, setelah 238 WNI yang berada di Provinsi Hubei, Tiongkok, mendarat di Tanah Air, Minggu (2/1).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan dalam rapat terbatas yang dilakukan di Bandara Halim Perdanakusuma tersebut, menghasilkan sejumlah keputusan.

"Dari rapat terbatas yang langsung oleh dipimpin oleh bapak presiden ingin kami sampaikan beberapa, pertama, alhamdulillah total 243 orang, termasuk di antaranya lima orang tim yang kita pulangkan dari Wuhan telah tiba dengan selamat," ujar dia.

3. Sebanyak 243 WNI bersama 42 anggota tim evakuasi menjalani observasi di Natuna selama dua pekan

Hari Pertama Observasi di Natuna, Puluhan WNI OlahragaTim evakuasi saat persiapan menyambut 238 WNI dari Tiongkok, di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2). (Twitter/@infoppkk)

Retno mengungkapkan sebanyak 243 WNI akan melalui masa observasi selama 14 hari di Natuna. Bahkan, 42 tim penjemput WNI dari Wuhan juga akan menjalankan masa observasi.

"Sehingga total orang yang menjalankan observasi adalah 285 orang, saat ini alhamdulillah mereka dalam kondisi sehat," kata dia.

4. Tujuh WNI masih berada di Wuhan

Hari Pertama Observasi di Natuna, Puluhan WNI OlahragaTim evakuasi saat menyambut kedatangan 238 WNI dari Wuhan, Tiongkok, di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Minggu (2/2). (Twitter/@infoppkk)

Sebanyak tujuh dari 245 WNI batal dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok. Empat orang tidak bersedia dipulangkan ke tanah air dan tiga lainnya tidak lolos screening. Sehingga hanya 238 orang yang berhasil dievakuasi dari negeri Tirai Bambu ini.

Sebanyak 238 WNI itu tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2) sekitar pukul 08.30 WIB, menggunakan pesawat Batik Air. Mereka keluar dari pesawat sekitar pukul 09.00 WIB, dan langsung diterbangkan menggunakan pesawat Hercules ke Hanggar Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau, untuk menjalani masa observasi selama dua pekan.

Baca Juga: Menkes: 238 WNI Makan Enak dan Enjoy Selama Observasi di Natuna

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya