Hasil Survei Wahana Visi: 42,6 persen Anak Rindu Kembali Sekolah

Penilaian melibatkan 943 anak di 35 kabupaten/kota

Jakarta, IDN Times - Yayasan sosial kemanusiaan Wahana Visi Indonesia, memaparkan sejumlah dampak aspek kehidupan anak akibat pandemik COVID-19 di berbagai daerah di Tanah Air.

"Hasil penilaian cepat ini mengkaji pendidikan, perlindungan anak, akses layanan kesehatan dan pemenuhan kebutuhan dasar akan makanan bergizi saat pandemik," ujar Program Quality and Accountability Manager Wahana Visi Indonesia Cahyo Prihadi dalam webinar yang dilakukan secara daring, Kamis (2/7).

1. 30 persen anak yang memiliki akses mengikuti program belajar dari rumah

Hasil Survei Wahana Visi: 42,6 persen Anak Rindu Kembali SekolahTangkapan layar webinar Wahana Visi Indonesia

Cahyo mengatakan, studi ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif yang dilakukan 12 sampai 18 Mei.

Penilaian ini melibatkan 900 rumah tangga dari kalangan menengah ke bawah dengan responden 943 anak di 251 desa di 35 kabupaten/kota di Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Timur, Bengkulu, Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Papua, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Cahyo mengungkapkan hasil penilaian cepat di bidang pendidikan, penutupan sekolah selama masa pandemi memang memaksa anak untuk belajar dari rumah. Namun kenyataannya, hanya 68 persen anak yang mempunyai akses program belajar dari rumah

"Selebihnya kesulitan mendapatkan akses karena diliburkan, kurangnya arahan maupun minimnya fasilitas. Hanya sekitar 30 persen anak yang memiliki akses untuk mengikuti program belajar dari rumah secara daring melalui berbagai aplikasi seperti Zoom, Google Meet, atau WhatsApp," ujarnya

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Pemerintah Siap Tes COVID-19 di Sekolah-Sekolah

2. 42,6 persen anak merasa bosan dan ingin kembali ke sekolah

Hasil Survei Wahana Visi: 42,6 persen Anak Rindu Kembali SekolahIDN Times/khaerul anwar

Cahyo menambahkan sekitar 36 persen anak belajar dengan metode luring (luar jaringan) dengan kunjungan rumah, belajar melalui TV dan radio.

"Dari penilaian cepat juga sekitar 57,4 persen anak menikmati belajar dari rumah sedangkan sekitar 42,6 persen anak merasa bosan dan ingin kembali ke sekolah untuk belajar dan bertemu dengan teman-temannya," paparnya.

3. Dua dari tiga anak tidak mendapat pengawasan berkala saat mengakses internet

Hasil Survei Wahana Visi: 42,6 persen Anak Rindu Kembali SekolahIlustrasi penerapan protokol kesehatan di sekolah (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Cahyo mengakui metode belajar tersebut menghadapi tantangan seperti koneksi internet dan kuota/data seluler, minimnya fasilitas belajar mengajar seperti papan tulis dan buku teks, hingga minimnya panduan dan kapasitas sekolah.

Selain itu, terjadi perubahan pola asuh dan anak kurang mendapatkan pengawasan dari orang dewasa.

"Dua dari tiga anak tidak mendapat pengawasan berkala saat mengakses internet yang dapat meningkatkan risiko terpapar konten negatif," imbuhnya.

4. Lebih dari 50 persen rumah tangga tidak dapat memenuhi kebutuhan makanan bergizi

Hasil Survei Wahana Visi: 42,6 persen Anak Rindu Kembali Sekolahyummy.ph

Selain itu, dari hasil survei hampir dua per tiga anak mengaku mengalami kekerasan verbal dari orangtua walau pun hasil survei kepada orang tua menunjukkan hal kontradiktif.

Lebih dari separuh anak tidak mengetahui mekanisme rujukan kasus kekerasan terhadap anak.

"Semakin banyak anak berisiko mengalami tekanan psikososial seperti khawatir ketinggalan pelajaran dan khawatir tertular virus. Selain itu tekanan sosial ekonomi yang dialami orang tua juga turut dirasakan oleh anak," ucaonya

"Hal ini berdampak langsung pada kecukupan nutrisi anak. Lebih dari 50 persen rumah tangga tidak dapat memenuhi kebutuhan makanan bergizi seimbang karena menurunnya pendapatan keluarga," imbuhnya.

Baca Juga: Minat Seragam Sekolah Turun, Pedagang Bikin Brosur Promosi ke Sekolah

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya