Heboh Hari Greges Nasional, Masyarakat Bingung Beda Flu dengan Omicron

Apa yang harus dilakukan jika badan greges? Ini kata ahli

Jakarta, IDN Times - Beberapa waktu terakhir warganet ramai-ramai memperbincangkan tentang kondisi kesehatan saat ini, bahkan tagar Hari Greges Nasional menjadi trending di media sosial.

Istilah ini muncul karena banyak masyarakat yang mengeluhkan demam, batuk, pilek dan tenggorokan sakit atau yang sering disebut greges oleh masyarakat Jawa.

Melihat fenomena tersebut Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Kepala Leher RSA Universitas Gadjah Mada Mahatma Sotya Bawono mengatakan greges merupakan gejala yang biasanya muncul saat seseorang terserang flu.

"Namun, dalam situasi pandemik Omicron saat ini sulit membedakan apakah seseorang terkena flu atau terinfeksi Omicron. Sulit dibedakan karena infeksi Omicron memilki gejala seperti flu biasa," terangnya dilansir laman resmi UGM, Kamis (3/2/2022).

1. Bedanya nyeri tenggorokan lebih berat

Heboh Hari Greges Nasional, Masyarakat Bingung Beda Flu dengan Omicronilustrasi sakit di tenggorokan, salah satu gejala esofagitis (freepik.com/mdjaff)

Mahatma menyampaikan pada flu biasa memiliki gejala demam, batuk, pilek, dan nyeri tenggorokan. Kondisi tersebut serupa dengan gejala khas pada Omicron yakni demam, batul, pilek, dan nyeri tenggorokan.

"Salah satu bedanya yang dominan adalah nyeri tenggorokan yang lebih berat dibandingkan dengan flu," ucapnya.

Baca Juga: Gejala Omicron Mirip Flu, Bolehkah Minum Obat Warung?

2. Jika gejala tidak mereda sebaiknya lakukan swab

Heboh Hari Greges Nasional, Masyarakat Bingung Beda Flu dengan OmicronIlustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Apabila tubuh merasakan gejala greges, Mahatma mengimbau masyarakat untuk beristirahat, membatasi interaksi, dan melakukan isolasi mandiri.

"Jika gejala tidak mereda dalam kurun waktu 24 jam disarankan melakukan swab test," ucapnya.

3. Tes swab melindungi orang-orang di sekitar kita

Heboh Hari Greges Nasional, Masyarakat Bingung Beda Flu dengan OmicronSejumlah warga tidak mengenakan masker saat berkunjung ke Taman Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Pengecekan swab test menjadi upaya yang dapat membedakan apakah yang tengah dialami adalah flu biasa atau varian Omicron. Melalui swab test juga diharapkan bisa menekan penularan Omicron.

"Swab juga melindungi orang-orang yang berisiko mengalami gejala berat seperti lansia, orang yang belum divaksin, dan orang dengan komorbid," imbuhnya.

Baca Juga: Sinopharm Resmi Jadi Vaksin Booster, Begini Mekanisme Vaksinasinya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya