Heru Beri Nama Anak Gajah dan Jerapah di Ragunan, Unggul dan Tazo 

Kehadiran Unggul dan Tazo tambah jumlah koleksi Ragunan

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta memberikan nama anak gajah Sumatra dan jerapah di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2023).

Untuk anak gajah, Heru memberikan nama Unggul, sedangkan anak jerapah diberikan nama Tazo.

"Namanya Unggul pada anak gajah agar dapat tumbuh besar dengan baik dan lebih unggul dari kedua induknya. Sedangkan Tazo adalah nama singkatan Taronga Zoo di Australia, asal kedua orang tuanya," ujarnya dalam siaran tertulis.

Baca Juga: Libur Imlek 2023, Kebun Binatang Ragunan Dikunjungi 8.509 Orang

1. Heru minta variasi hewan di Ragunan ditambah

Heru Beri Nama Anak Gajah dan Jerapah di Ragunan, Unggul dan Tazo Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi memberi nama pada anak gajah dan jerapah di Ragunan. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Heru mengapresiasi UP Taman Margasatwa Ragunan yang telah bekerja keras merawat satwa, dan melestarikan penghijauan di lingkungan kebun binatang tersebut. Meski demikian, Heru mengimbau agar variasi satwa agar ditambah.

"Kelestariannya sudah bagus. Saya rasa sudah cukup bagus semuanya," ujar Heru.

Baca Juga: Libur Tahun Baru, Kebun Binatang Ragunan Diserbu Puluhan Ribu Orang

2. Jumlah satwa di Ragunan terdapat 2.275 ekor

Heru Beri Nama Anak Gajah dan Jerapah di Ragunan, Unggul dan Tazo Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi memberi nama pada anak gajah dan jerapah di Ragunan. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Kepala UP TMR, Endah Rumiyati, menjelaskan, pihaknya sedang berupaya mempercantik Ragunan dan memberlakukan sistem zonasi jenis satwa seperti primata, karnivora, herbivora, dan jenis lainnya. 

"Karena luas TMR mencapai 127 hektare dengan jumlah hewan 2.275 ekor, proses beautifikasi dapat membutuhkan waktu yang lama lebih dari dua tahun," katanya.

3. Sepasang komodo akan menambah koleksi di Ragunan

Heru Beri Nama Anak Gajah dan Jerapah di Ragunan, Unggul dan Tazo Hewan komodo di Pulau Komodo (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Di samping itu, untuk menambah variasi satwa, Endang menerangkan, pihaknya terus berupaya melakukan pertukaran satwa dari kebun binatang di luar negeri maupun dalam negeri.

"Dalam waktu dekat ini, akan datang satwa baru berupa sepasang komodo, hasil pertukaran dengan Taman Safari, Bogor, Jawa Barat dan beberapa primata," kata dia.

4. Unggul dan Tazo menambah koleksi satwa di Ragunan

Heru Beri Nama Anak Gajah dan Jerapah di Ragunan, Unggul dan Tazo Ilustrasi Rusa di Kebun Binatang Ragunan (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Dengan kelahiran Unggul, TMR memiliki 14 ekor gajah Sumatra yang usianya berkisar tiga bulan sampai 53 tahun. Pada umumnya, gajah Sumatra hanya melahirkan satu anak dalam setiap masa kehamilan dengan masa hamil sekitar 22 bulan.

Sedangkan kelahiran Tazo pada 21 Agustus 2022, TMR memiliki empat ekor jerapah yang terdiri dari sepasang indukan dan dua ekor anak. Sepasang indukan merupakan hasil kerja sama TMR dengan Taronga Zoo Australia yang didatangkan pada 17 Agustus 2015.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya