Hujan Semalam, Pemprov DKI Angkut Sampah 80 Ton di Pintu Air Manggarai

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta siagakan 4.000 personel

Jakarta, IDN Times - Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (9/10) malam berimbas penumpukan sampah di Pintu Air Manggarai.

"Sejak tadi malam sampah di Pintu Air Manggarai meningkat. Lebih dari 322 meter kubik sampah (sekitar 80 ton) sudah berhasil diangkat. Sampah tersebut dikirim ke TPST Bantargebang menggunakan 7 rit truk sampah typer besar dan 11 rit typer kecil," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih dalam siaran tertulis, Rabu (9/10).

1. Bendung Katulampa dan Pos Depok mencapai status Siaga III dan Siaga II

Hujan Semalam, Pemprov DKI Angkut Sampah 80 Ton di Pintu Air ManggaraiDok. istimewa

Andono mengungkapkan hujan semalam membuat Bendung Katulampa dan Pos Depok mengalami kenaikan tinggi muka air hingga mencapai status Siaga III dan Siaga II. 

"Pukul 03.00 WIB dini hari seluruh pos pantau telah dinyatakan berstatus aman. Namun, kenaikan debit air ini turut membawa sampah kiriman ke Jakarta," imbuhnya.

2. Tiga alat berat dikerahkan untuk angkut sampah

Hujan Semalam, Pemprov DKI Angkut Sampah 80 Ton di Pintu Air ManggaraiDok. Istimewa

Berbagai macam jenis sampah seperti ranting pohon, plastik, kayu yang berukuran besar dan sampah rumah tangga lainnya menumpuk di Pintu Air Manggarai.

Proses pemindahan sampah dari Pintu Air Manggarai dilakukan dengan menggunakan 1 unit alat berat Liebher dan 2 unit excavator long arm, sehingga memudahkan petugas untuk mengangkat sampah.

"Jika sampah di Pintu Air Manggarai tidak segera diangkat, maka pintu air akan tersumbat dan air akan meluap ke permukaan yang bisa mengakibatkan banjir," terangnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Bersihkan 17 Ton Sampah Imbas Demo di Gedung DPR

3. Petugas siaga 24 jam di Pintu Air Manggarai

Hujan Semalam, Pemprov DKI Angkut Sampah 80 Ton di Pintu Air ManggaraiDok. Istimewa

Pihaknya juga sudah menyiagakan petugas di lokasi selama 24 jam. Selain di Pintu Air Manggarai, petugas juga bersiaga di Kali Ciliwung BKB Season City.

"Di lokasi ini sejak semalam berhasil diangkat sampah sebanyak 72 meter kubik sampah dengan menggunakan excavator long arm dan excavator spider. Sampah tersebut dikirim ke TPST Bantargebang menggunakan 3 rit truk sampah typer besar," paparnya.

4. Pemprov DKI Jakarta siagakan 4.000 personel pengangkut sampah

Hujan Semalam, Pemprov DKI Angkut Sampah 80 Ton di Pintu Air ManggaraiANTARA FOTO/Galih Pradipta

Memasuki musim hujan, Andono telah menyiagakan personel yang dalam satgas penanganan sampah di musim penghujan berkekuatan 4.000 orang dari UPK Badan Air.

Sementara itu, sarana yang disiagakan terdiri dari 44 pikap angkut sampah, 50 truk sampah, 5 excavator jenis spider, 6 excavator long arm, 20 excavator jenis biasa serta 1 excavator liebher yang didampingi oleh 23 orang petugas mobilisasi dan 12 orang petugas mekanik.

Baca Juga: Sampah Sisa Kericuhan di Jakarta Nyaris 20 Ton

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya