IDAI: 152 Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius Anak, Terbanyak Jakarta

Sebagian besar kasus menyerang anak di bawah 5 tahun

Jakarta IDN Times - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melaporkan kasus gangguan ginjal misterius yang menyerang anak per 14 Oktober capai 152 orang.

"Sejak pertengahan September 2022, IDAI telah berkoordinasi dalam rapat mingguan bersama ketua-ketua IDAI cabang mendapatkan laporan dari anggota terkait adanya peningkatan kasus anak dengan gangguan ginjal akut yang progresif," ujar Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI Piprim Basarah Yanuarso dalam acara meet the expert: Kewaspadaan Dini Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Jumat (14/10).

Baca Juga: Kemenkes: 131 Kasus Gagal Ginjal Misterius pada Anak Tak Terkait COVID

1. DKI Jakarta menjadi provinsi dengan temuan kasus terbanyak gangguan ginjal akut misterius

IDAI: 152 Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius Anak, Terbanyak JakartaRSUP Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Instagram.com/rscm.official)

Berdasarkan data yangdilaporkan IDAI, 152 kasus gangguan ginjal misterius ini tersebar di 16 Provinsi.

DKI Jakarta menjadi provinsi dengan temuan kasus terbanyak gangguan ginjal akut misterius sebanyak 49 kasus, kemudian Jawa Barat 24 kasus, dan Sumatera Barat 21 kasus dan Aceh 18 kasus.

2. Kasus gangguan ginjal akut ini melonjak sejak pertengahan September 2022

IDAI: 152 Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius Anak, Terbanyak Jakartaasam jengkolat bisa menyebabkan gagal ginjal (unsplash.com/Robina Weermeijer)

Piprim mengungkapkan laporan kasus gangguan ginjal yang belum diketahui penyebab ini melonjak sejak pertengahan September 2022.

"Lonjakan kasus terjadi di September dengan total 76 kasus, sementara Oktober ini trennya menurun, Mudah-mudahan trennya tidak meningkat lagi," ungkapnya.

3. Usia yang paling banyak terkena gangguan ginjal akut misterius usia di bawah 5 tahun

IDAI: 152 Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius Anak, Terbanyak JakartaIlustrasi anak-anak (IDN Times/Lia Hutasoit)

Berdasarkan usia, 152 kasus gangguan ginjal paling banyak di usia 1-5 tahun, yakni 75 kasus. Disusul 35 kasus pada anak usia 0-1 tahun, lalu 24 kasus pada anak usia 5-10 tahun, serta 18 kasus pada golongan usia di atas 10 tahun.

"Usia yang paling banyak terkena gangguan ginjal akut misterius adalah usia di bawah 5 tahun," kata Piprim.

 

Baca Juga: Kemenkes Bentuk Tim Investigasi Ginjal Akut Misterius pada Anak

4. Data kasus tersebut bersifat dinamis

IDAI: 152 Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius Anak, Terbanyak JakartaKetua Umum IDAI, dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) (dok.IDAI)

Menurut Piprim, data kasus tersebut bersifat dinamis karena data yang terkumpul merupakan data dari IDAI Cabang. Sehingga data tersebut belum tentu representatif menggambarkan seluruh kasus di Indonesia.

"Yang namanya laporan anggota mungkin tidak representatif untuk menangkap semua ya, tergantung teman-teman melaporkan apa tidak. Karena terus terang ada rumah sakit yang alasannya confidential, sehingga kami tak bisa mendatanya, misalnya dari Jawa Timur itu," ujarnya.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya