IDI: Tidak Ada yang Kenal Hadi Pranoto di Berbagai Perhimpunan Dokter

Hadi Pranoto viral setelah pernyataan temukan obat COVID-19

Jakarta, IDN Times - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah menelusuri identitas orang yang mengaku pakar mikrobiologi Hadi Pranoto yang viral karena pernyataannya dalam video wawancara dengan musisi Anji beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi mengungkapkan IDI sudah mengecek di berbagai perhimpunan atau komunitas kedokteran namun tidak ditemukan.

"Nama Hadi banyak, tapi Hadi Pranoto yang itu semua komunitas dokter tidak ada yang tahu beliau artinya tidak ada yang mengenal beliau sebagai dokter," tegasnya saat dihubungi IDN Times, Senin (3/8/2020).

1. IDI pertanyakan kapasitas Hadi Pranoto

IDI: Tidak Ada yang Kenal Hadi Pranoto di Berbagai Perhimpunan DokterRidwan Tawainella sudah mengikuti rapid test di kantor Arema FC. IDN Times/ Alfi Ramadana

Dia mempertanyakan kapasitas Hadi Pranoto dalam wawancara bersama Anji. Untuk itu perlu ditelusuri lebih lanjut gelar profesor yang disematkan pada Hadi Pranoto apakah benar.

"Secara personal apakah benar yang menyampaikan seorang profesor atau ahli ini perlu ada tindak lanjut dari aparat," terangnya.

Baca Juga: Bikin Resah, YouTube Turunkan Video Anji soal Obat COVID-19!

2. IDI minta publik figur cari referensi narasumber kredibel

IDI: Tidak Ada yang Kenal Hadi Pranoto di Berbagai Perhimpunan DokterWaketum PB IDI, dr. Moh Adib Khumaidi, SpOT dalam diskusi di kawasan Jakarta Pusat (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Adib memahami saat ini masyarakat sangat berharap adanya temuan vaksin atau obat COVID-19, namun dia meminta agar masyarakat harus mendapatkan informasi yang benar dari narasumber yang valid sebab saat ini seluruh dunia berjuang dapatkan vaksin.

"Publik figur sebaiknya cari referensi narasumber yang bisa membuktikan secara ilmiah dan kebenarannya, jangan mengambil narasumber yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, sebab ini bicara tentang keamanan masyarakat," ucapnya.

"Mari kita sama-sama berikan edukasi informasi yang baik dan benar jangan buat pernyataan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," imbaunya.

3. Video Anji jadi trending topic gegara pernyataan Hadi Pranoto

IDI: Tidak Ada yang Kenal Hadi Pranoto di Berbagai Perhimpunan Dokterwawancara musisi kondang Erdian Aji Prihartanto alias Anji dengan Profesor, Hadi Pranoto/ tangkapan layar youtube@duniaMANJI

Sebelumnya, Anji mengunggah video wawancara dengan Hadi Pranoto di Lampung pada Jumat 31 Juli 2020. Video tersebut sempat jadi trending topic sebab Hadi Pranoto mengklaim telah menemukan obat antibodi COVID-19.

Tidak main-main Hadi juga menyatakan bahwa obat antibodi COVID-19 sudah menyembuhkan ribuan pasien COVID-19 dalam waktu 10-20 jam.

"Alhamdulillah kita sudah bagikan hampir 250 ribu (obat antibodi COVID-19) sudah bagikan ke masyarakat, sudah konsumsi dan alhamdulillah yang terinfeksi sudah sembuh," ujar Hadi dalam akun YouTube @duniamanji yang dilansir IDN Times, Minggu (2/8/2020).

Hadi memaparkan obat antibodi COVID-19 ini merupakan cairan hitam mengandung beberapa bahan yang bisa membunuh COVID-19. Semua bahan yang digunakan tersedia di Indonesia.

"Jadi antibodi COVID-19 ini kita buat bertujuan untuk menyelamatkan saudara-saudara kita yang yang terinfeksi COVID-19, ini emergency kemanusiaan maka kita lakukan kegiatan ini agar saudara-saudara kita terhindar dari covid," ucapnya.

"Kita sudah salurkan obat herbal di di Sumatera, Jawa, Bali juga Kalimantan, kalau di Jakarta sebagian di Wisma Atlet," imbuhnya.

Baca Juga: Prof Wiku soal Video Anji dan Hadi Pranoto: Cek Sumber yang Benar!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya