Informasi Lengkap RS, Oksigen, Ambulans, Cek Situs Wargabantuwarga

Situs Wargabantuwarga dibuat oleh para relawan COVID-19

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 yang sudah terjadi satu tahun lebih mulai terasa dampaknya, terlebih angka penularan COVID-19 semakin menggila. Pasien COVID-19 kesulitan dapat layanan kesehatan karena rumah sakit hampir kolaps, tempat tidur habis, oksigen menipis.

Di tengah situasi tidak pasti ini, sejumlah relawan terdiri berbagai kelompok pemerhati perkembangan COVID-19 mulai Kawalcovid-19, PandemickTalk, LaporCovid-19 dan Kitabisa.com serta komunitas relawan covid lain, menghadirkan layanan informasi lengkap melalui situs wargabantuwarga.com.

1. Berisi kumpulan informasi dan kontak penting

Informasi Lengkap RS, Oksigen, Ambulans, Cek Situs WargabantuwargaInfo pencarian rumah sakit wargabantuwarga.com (Instagram/@pandemictalk)

Dalam akun Instagram @pandemicktalks menginfokan dalam situs wargabantuwarga.com, berisi kumpulan informasi dan kontak penting.

"Kamu bisa temukan informasi tempat penyediaan oksigen, ketersediaan RS, info Puskesmas, tempat donor plasma, dan kontak penting lainnya. Database wargabantuwarga.com terkumpul berkat inisiatif banyak lembaga dan individu di berbagai daerah," tulisnya.

Bahkan warga bisa mengisi database untuk membantu melengkapi informasi tersebut

"Kamu juga bisa ikut melengkapinya. Yap, dari warga untuk warga. Satu informasimu bisa ringankan perjuangan mereka yang sedang hadapi COVID-19. Yuk, kita bersolidaritas agar kabar baik berdatangan dan masa darurat ini segera berakhir," ajaknya.

Baca Juga: Driver Gojek dan Grab Tawarkan Laundry Gratis untuk Tenaga Kesehatan

2. Dokumen diperbaharui secara berkala

Informasi Lengkap RS, Oksigen, Ambulans, Cek Situs WargabantuwargaTenaga kesehatan membantu seorang pasien COVID-19 usai pelaksanaan shalat Idul Fitri di halaman Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/5/2021). ANTARA FOTO/Moch Asim

IDN Times mencoba menelusuri situs tersebut yanng terakhir diperbaharui pada 6 Juli 2021 pukul 18.47 WIB. Dalam halaman tersebut, dijelaskan bahwa dokumen ini adalah kumpulan berbagai informasi seputar COVID-19 di Indonesia yang didapatkan melalui internet, media sosial, atau tim di lapangan.

"Dokumen diperbaharui secara berkala oleh para relawan. Anda bebas menggunakan dan menyebarluaskan informasi yang ada dalam dokumen ini," tulis laman tersebut.

3. Informasi rumah sakit, oksigen, donor darah bisa didapat di sini

Informasi Lengkap RS, Oksigen, Ambulans, Cek Situs WargabantuwargaIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Informasi yang disuguhkan cukup lengkap mulai ketersediaan rumah sakit, alamat rumah sakit, nomor telepon rumah sakit, ambulans, tempat isu ulang oksigen, donor plasma, kontak darurat.

Masyarakat tinggal klik database yang tersedia. Dalam database, memuat kontak penting informasi tersebut mulai dari provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

"Mau lihat database RS, Puskesmas, Ambulans, Oksigen, & kontak penting lainnya? Langsung klik di sini. Cara berkontribusi:
Mau upload info? Klik di sini!
Mau gabung jadi relawan pengumpul dan pengolah data? Klik di sini,," tulis akun tersebut.

Nah, melalui database tersebut warga bisa berkontribusi untuk mengisi informasi tersebut.

 

4. Kalau mau donasi untuk nakes, penggali kubur sampai satwa bisa juga

Informasi Lengkap RS, Oksigen, Ambulans, Cek Situs WargabantuwargaGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan pengecekan ke Ragunan (Facebook.com/AniesBaswedan)

Tidak hanya itu, situs ini juga menghadirkan beragam informasi edukasi seputar isolasi mandiri, vaksinasi, donor darah, dan berbagai tips, serta mencantumkan daftar rumah sakit rujukan untuk COVID-19 di seluruh Indonesia.

Bahkan, warganet bisa juga urun dana gotong royong membantu warga yang terdampak COVID-19 mulai donasi untuk berbagai kebutuhan rumah sakit, nakes, relawan dan penggali kubur, warga dan paket isolasi mandiri, obat, bahkan donasi untuk satwa.

Yuk, ikut berkontribusi agar bisa bantu warga lain hadapi kesulitan di tengah pandemik ini.

Baca Juga: Warga Borong Tabung Oksigen, Satgas: Bahaya Tanpa Panduan Nakes!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya