Comscore Tracker

Ini Bocoran Harga Vaksin COVID Berbagai Merek untuk Booster Mulai 2022

Vaksinasi booster gratis hanya untuk penerima bantuan iuran

Jakarta, IDN Times - Pemerintah berencana akan memberikan vaksinasi dosis ketiga atau booster pada 2022 mendatang. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan, vaksinasi booster diberikan gratis untuk penerima bantuan iuran (PBI). Untuk itu, Budi meminta maaf karena tidak semua kelompok ditanggung negara.

“Jadi mohon maaf bapak ibu anggota DPR yang memang penghasilannya cukup nanti kita minta bayar sendiri, itu nanti akan dibuka boleh pilih yang mana," kata Budi di rapat kerja Komisi IX DPR RI, Senin (8/11/2021) lalu.

Budi memperkirakan harga vaksin booster sekitar Rp100 ribuan. Bahkan, masyarakat bisa memilih jenis vaksin booster.

"Harga bisa 7 dolar atau 8 dolar (AS) satu kali suntik atau sekitar Rp100 ribuan bisa langsung dilakukan. Kita juga terbuka bagi vaksin-vaksin yang ingin masuk, sehingga bagi yang mau mendapatkan booster bisa memilih mau nyuntik Rp100 ribu sampai Rp150 ribu bisa," kata Budi.

Sebagai informasi, Indonesia sejauh ini telah mengizinkan penggunaan beberapa jenis vaksin, seperti Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Pfizer, Sinopharm, dan Janssen.

Lalu, berapakah harga vaksin booster untuk setiap merek?

Baca Juga: Menkes: Mohon Maaf Bapak Ibu DPR, Vaksin Booster Bayar Sendiri

1. Vaksin Sinovac

Ini Bocoran Harga Vaksin COVID Berbagai Merek untuk Booster Mulai 2022Vaksin Sinovac (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dikutip dari Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF), harga vaksin Sinovac di Indonesia dibanderol mulai dari 13,60 dolar Amerika Serikat (AS) hingga 17 dolar AS per dosis atau sekitar Rp190 ribu hingga Rp238 ribu.

Harga vaksin ini sedikit lebih mahal dibandingkan di Kamboja yang hanya sebesar 10 dolar AS, namun jauh lebih murah dibandingkan di China yang sebesar 29,75 dolar AS per dosis.

2. Vaksin AstraZeneca

Ini Bocoran Harga Vaksin COVID Berbagai Merek untuk Booster Mulai 2022Vaksin AstraZeneca (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Vaksin hasil kerja sama dengan Oxford University ini menjadi salah satu vaksin dengan harga yang terjangkau. Di beberapa negara seperti India, Brasil, hingga Eropa, satu dosis vaksin AstraZeneca dibanderol seharga 2,88 dolar AS hingga 3,50 dolar AS atau setara Rp40 ribu hingga Rp49 ribu.

Harga termahal vaksin ini dijual di Filipina dan Kolombia, masing-masing sebesar Rp71 ribu hingga Rp85 ribu per dosis.

3. Vaksin Moderna

Ini Bocoran Harga Vaksin COVID Berbagai Merek untuk Booster Mulai 2022Vaksin Moderna (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Moderna merupakan vaksin buatan perusahaan AS dengan nama yang sama. Vaksin ini masuk pertama kali di Indonesia pada pertengahan tahun ini.

Di negara asalnya, satu dosis Moderna dipatok harga sebesar Rp214 ribu. Sementara di negara tetangganya, Argentina, dibanderol sebesar Rp307 ribu per dosis.

Harga vaksin Moderna termahal tercatat di Botswana. Satu dosis Moderna dibanderol sebesar Rp412 ribu.

4. Vaksin Pfizer

Ini Bocoran Harga Vaksin COVID Berbagai Merek untuk Booster Mulai 2022Aktivitas pembuatan vaksin COVID-19 oleh Pfizer, perusahaan farmasi asal Amerika Serikat. (facebook.com/Pfizer)

Pfizer menjadi salah satu vaksin yang banyak digunakan di beberapa negara di dunia. Beberapa di antaranya Tunisia, Argentina, Afrika Selatan, Kolombia, hingga Eropa.

Vaksin ini dibanderol seharga Rp100 ribu per dosis di Tunisia, sementara di Eropa harganya bisa mencapai Rp270 ribu per dosis.

5. Vaksin Sinopharm

Ini Bocoran Harga Vaksin COVID Berbagai Merek untuk Booster Mulai 2022Vaksin virus corona (COVID-19) buatan Sinopharm (ANTARA FOTO/REUTERS/Sebastian Castaneda)

Vaksin produksi perusahaan farmasi asal China ini juga banyak digunakan beberapa negara, salah satunya Indonesia. Di negara tetangga yakni Kamboja, satu dosis Sinopharm harganya Rp140 ribu per dosis.

Sementara itu, di sejumlah negara lain harganya jauh lebih tinggi, seperti di Mongolia Rp214 ribu, Argentina Rp285 ribu, China Rp425 ribu, dan Hungaria Rp514 ribu per dosis.

 

6. Vaksin Janssen

Ini Bocoran Harga Vaksin COVID Berbagai Merek untuk Booster Mulai 2022Ilustrasi vaksin Janssen (Shutterstock)

Vaksin buatan perusahaan farmasi Johnson & Johnson (J&J) asal Belanda ini masuk Indonesia pada September lalu.

Di Eropa, satu dosis vaksin Janssen harganya Rp121 ribu. Sementara di Afrika Selatan hingga Amerika Serikat, harga vaksin ini Rp142 ribu per dosis.

Baca Juga: Presiden Jokowi Terima Laporan Vaksin Kedaluwarsa, Begini Sikap Menkes

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya