Comscore Tracker

Ini Perbedaan Tarif dan Layanan Mewah Haji Furoda dan Haji Plus 

Biaya haji capai ratusan juta

Jakarta, IDN Times - Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi muslim yang mampu. Setelah dua tahun absen, Indonesia kembali mengirim jemaah haji ke Tanah Suci.

Sejumlah perusahaan travel berlomba-lomba menawarkan layanan haji, di antaranya yang menarik yakni haji furoda dan haji plus yang memberikan layanan mewah bagi calon jemaah.

Berikut ini perbedaan tarif dan layanan haji furoda dan haji plus!

1. Haji furoda adalah haji tanpa antre

Ini Perbedaan Tarif dan Layanan Mewah Haji Furoda dan Haji Plus Ilustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Dilansir dari laman hajifuroda.id, haji furoda adalah haji tanpa antre. Calon jemaah haji yang mendaftar haji furoda akan menggunakan visa haji mujamalah atau dikenal dengan visa haji furoda dari Pemerintah Arab Saudi.

Haji furoda dikenal sebagai solusi aman dan nyaman untuk beribadah, karena jemaah tidak perlu khawatir untuk berurusan dengan pihak-pihak hukum. 

Baca Juga: Kemenag Terima Laporan Lebih dari 1.600 Calon Haji Furoda

Baca Juga: DPR Imbau Jemaah Fokus Jaga Stamina Jelang Puncak Haji

2. Biaya haji furoda capai Rp200 an juta

Ini Perbedaan Tarif dan Layanan Mewah Haji Furoda dan Haji Plus Ilustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Biaya haji furoda cukup fantastis, jika ingin menikmati layanan haji tanpa antre, maka harus siap merogoh kocek sampai ratusan juta.

Dilansir laman hajifuroda.com, biaya keberangkatan mencapai 15.500 dolar Amerika, setara dengan Rp231 jutaan.

Biaya tidak mengikat karena akan mengalami penyesuaian pada saat proses pendaftaran visa haji furoda atau visa haji mujamalah dibuka oleh pemerintah Arab Saudi.

3. Beragam fasilitas haji furoda

Ini Perbedaan Tarif dan Layanan Mewah Haji Furoda dan Haji Plus Jamarat, Tempat Jemaah Haji Melempar Jamrah (IDN Times/Umi Kalsum)

Jemaah haji furoda akan mendapatkan fasilitas antara lain:

  • Visa haji furoda/mujamalah (resmi)
  • Terdaftar di e-hajj online Arab Saudi
  • Langsung berangkat tanpa antre
  • Pesawat Qatar Airways landing Jeddah
  • Hotel Makkah/Madinah sesuai masyair
  • Maktab sesuai masyair- hotel/apartemen transit sesuai masyair
  • Durasi 25 sampai 27 hari.

Baca Juga: Kisah di Balik Penyelenggaraan Ibadah Haji Indonesia

Baca Juga: Jelang Puncak Haji, Pemerintah Tingkatkan Bimbingan Ibadah Jemaah

4. Haji plus punya masa tunggu 5 sampai 9 tahun

Ini Perbedaan Tarif dan Layanan Mewah Haji Furoda dan Haji Plus Jamaah Haji terlihat menggunakan kain ihram (IDN Times/Umi Kalsum)

Sementara itu, haji plus merupakan program haji yang diselenggarakan oleh pihak swasta atau Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) di bawah pengawasan pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia.

Program keberangkatan haji plus menggunakan kuota resmi dari pemerintah melalui Kementerian Agama.

Tidak seperti haji furoda yang tidak mengalami masa tunggu, haji plus tetap ada masa tunggunya sekitar 5 sampai 9 tahun. 

5. Biaya dan fasilitas haji plus

Ini Perbedaan Tarif dan Layanan Mewah Haji Furoda dan Haji Plus Ilustrasi jemaah calon haji Indonesia (IDN Times/Umi Kalsum)

Biaya haji melalui program haji plus memang lebih mahal dibandingkan dengan reguler. Besaran biaya haji plus tergantung pihak penyelenggara biasanya berkisar antara 11.000 dolar Amerika hingga 22 dolar Amerika atau setara dengan Rp155,8 juta hingga Rp311,7 juta.

Dilansir laman haji.plus, biaya haji plus 2023 adalah 9.000 dolar Amerika per paket atau setara dengan Rp134,7 juta. Fasilitas haji plus yang ditawarkan antara lain:

  • Hotel Makkah : Bintang 5
  • Hotel Madinah : Bintang 5
  • Pesawat : Saudia Airlines
  • Masa Tunggu : 5 sampai 7 tahun

Baca Juga: Pesan Menag untuk Petugas dan Jemaah Haji Jelang Wukuf di Arafah

Baca Juga: Presiden Jokowi Teken PP soal Koordinasi Penyelenggaraan Ibadah Haji

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya