Ini Pesan Khusus BJ Habibie untuk Kemajuan Teknologi Indonesia 

Habibie tak ingin Indonesia kalah dengan bangsa lain

Jakarta, IDN Times - Bacharuddin Jusuf Habibie atau biasa disapa BJ Habibie tidak hanya dikenal sebagai sosok yang cerdas namun juga menginspirasi.

Tidak heran jika Presiden ketiga Republik Indonesia ini dinobatkan sebagai bapak teknologi karena karya-karyanya, khususnya di bidang teknologi. Dia menjadi panutan bagi generasi bangsa.

Habibie menitipkan pesan terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di Indonesia kepada para petinggi BPPT, LIPI dan LAPAN.

Benarkah Habibie cemas karena masih ada PR yang belum terselesaikan saat dia menjabat sebagai Menristek? Berikut penuturannya.

1. Sosok penggerak kemajuan teknologi Indonesia

Ini Pesan Khusus BJ Habibie untuk Kemajuan Teknologi Indonesia ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Di mata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza, Habibie merupakan sosok penggerak perkembangan dan kemajuan teknologi Indonesia dan inspirator bagi sumber daya manusia  Indonesia untuk menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

"Pak Habibie adalah sosok orangtua yang mendidik dan membesarkan saya hingga menjadi Kepala BPPT, generasi penerus beliau yang mendirikan BPPT," ujarnya dilansir dari Antara, Minggu (8/9). .

Baca Juga: [BREAKING] BJ Habibie Dirawat Intensif di RSPAD Gatot Soebroto

2. Habibie ingin kontribusi inovasi menempati 70 persen dari Produk Domestik Bruto

Ini Pesan Khusus BJ Habibie untuk Kemajuan Teknologi Indonesia ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Selain memotivasi untuk pengembangan iptek dan inovasi, BJ Habibie selalu berpesan kepada perekayasa, ilmuwan dan peneliti, agar menghasilkan dan mendorong seluruh inovasi untuk mampu mengambil porsi terbesar dalam Produk Domestik Bruto (PDB) Negara Indonesia agar Indonesia menjadi negara kuat, mandiri dan maju berbasis iptek.

Bahkan Habibie berharap kontribusi inovasi dapat menempati 70 persen dari Produk Domestik Bruto, sehingga ekonomi Indonesia bisa berbasis inovasi.

Dengan begitu, daya saing bangsa Indonesia meningkat di kancah internasional dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan bangsa, termasuk mendorong terbukanya banyak lapangan kerja dalam negeri dan menurunkan biaya operasional karena negeri sendiri bisa menghasilkan tanpa harus mengimpor.

3. Ini pesan Habibie untuk BPPT

Ini Pesan Khusus BJ Habibie untuk Kemajuan Teknologi Indonesia ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Bagi Hammam Riza, momen penting yang sangat berkesan saat dia melakukan teleconference melalui FaceTime, di mana Hammam berada di BPPT Jakarta, sementara BJ Habibie ada di Jerman setelah Hammam dilantik sebagai Kepala BPPT.

"Pesan beliau dari sejak dulu adalah pembangunan SDM iptek harus selalu menjadi pilar pengembangan BPPT. Itu diulangi dalam setiap kesempatan saya tatap muka," ujarnya.

Hammam menuturkan SDM yang kompeten dalam iptek disertai iman dan takwa akan menjadi motor utama menghasilkan inovasi teknologi.

Baca Juga: 5 Fakta yang Wajib Kamu Ketahui dari Putra Terbaik Bangsa BJ Habibie

4. Habibie sosok yang berikan motivasi

Ini Pesan Khusus BJ Habibie untuk Kemajuan Teknologi Indonesia ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sementara bagi Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko, BJ Habibie merupakan sosok yang berperan penting dalam memberikan motivasi positif untuk terus berkarya mengembangkan iptek Indonesia.

Handoko mengaku kariernya banyak bersentuhan Habibie karena dia mendapatkan beasiswa studi ke luar negeri setelah SMA melalui program Overseas Fellowship Program (OFP) yang digagas oleh BJ Habibie saat masih menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek).

Setelah lama sebagai diaspora Indonesia di luar negeri, Handoko kembali ke Indonesia pada 2002, dan menerima anugerah Habibie Award untuk Basic Science pada 2004.

Sampai saat ini, Handoko masih sebagai tim di Habibie Center yang menyeleksi para penerima Habibie Award setiap tahunnya.

"Saya beruntung memiliki kesempatan berbincang dengan beliau sejak pertemuan pertama saat usia SMA pada saat beraudiensi sebagai pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja LIPI," ujar Handoko.

5. Masih ada PR bagi Habibie saat jabat Menristek

Ini Pesan Khusus BJ Habibie untuk Kemajuan Teknologi Indonesia ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Handoko menceritakan bahwa khususnya akhir-akhir ini, Habibie selalu menyampaikan pesan untuk bekerja keras memajukan iptek di Indonesia agar tidak kalah dengan bangsa lain.

"Secara lebih khusus, bagaimana menciptakan iklim riset yang kondusif di Tanah Air sehingga para peneliti di Indonesia dapat berkiprah di Tanah Air. Mungkin karena beliau (Habibie) merasa hal ini masih menjadi PR yang belum terselesaikan sebagai Menristek selama lebih dari dua dekade," ujar Handoko.

6. Selalu bersemangat untuk perkembangan IPTEK Indonesia

Ini Pesan Khusus BJ Habibie untuk Kemajuan Teknologi Indonesia ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sementara itu, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menangkap kesan semangat kuat dari Habibie untuk pengembangan iptek di Indonesia.

Menurut Thomas hal itu terlihat saat Habibie bersama Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengunjungi booth Lapan dan memberi semangat kepada Lapan untuk pengembangan teknologi penerbangan dan antariksa dalam pembukaan pameran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2018 di Pekanbaru, Riau.

Baca Juga: Cerita Kesetiaan Habibie pada Soeharto Jelang Lengser saat Reformasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya