Ini Rute TransJakarta Menuju Rumah DP Nol Rupiah di Duren Sawit

Letaknya yang strategis membuat alat transportasi publik dan pribadi mudah menjangkau

Jakarta, IDN Times - Rumah DP nol yang menjadi salah satu program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kini sudah terwujud. Saat ini rumah vertikal tersebut berdiri megah di Kompleks Kelapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Rumah yang menjadi Solusi Rumah Warga (Samawa) warga DKI Jakarta ini letaknya cukup strategis.

1. Letak yang strategis dan mudah ditemukan

Ini Rute TransJakarta Menuju Rumah DP Nol Rupiah di Duren SawitIDN Times/Dini suciatiningrum

Rumah DP nol ini letaknya strategis karena dekat dengan rumah sakit, sekolah, dan berbagai restoran yang menyuguhkan aneka kuliner.

Untuk transportasi, rumah ini hanya berjarak 3 kilometer dari Stasiun Buaran dan mudah dijangkau transportasi umum atau kendaraan pribadi karena letaknya di pinggir jalan.

Di depan kawasan perumahan juga tersedia shelter busway dengan kode 7P Rute BKN Cawang–Pondok Kelapa, serta hanya membutuhkan waktu 30 menit dari BKN Cawang ke Pondok Kelapa dan sebaliknya.

2. Ini rute TransJakarta ke rumah DP nol

Ini Rute TransJakarta Menuju Rumah DP Nol Rupiah di Duren SawitIDN Times/Dini suciatiningrum

Direktur Utama PT TransJakarta Agung Wicaksono, mengatakan bahwa saat ini rute dengan kode 7P akan memudahkan masyarakat yang akan tinggal di hunian dalam program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Ini adalah rute perdana yang melayani hunian DP 0 Rupiah," kata Agung.

Menurut Agung, rute ini adalah layanan pertama TransJakarta ke Pondok Kelapa dan kawasan Kalimalang Raya. 

"Rute 7P juga terintegrasi dengan Koridor 7 (Kampung Rambutan – Kampung Melayu), Koridor 10 (PGC – Tanjung Priok) dan layanan Jak 2 (Kampung Melayu - Duren Sawit) ," tambahnya.

Ada pun layanan Pondok Kelapa-BKN melintas di sejumlah titik, yakni Halte TJ BKN – Halte TJ Cawang Sutoyo – Pasar Ciplak – Jl.Panca Warga IV – Jl.Kesadaran Kalimalang – Masjid Jami Assyakirin – Mall Cipinang Indah I – Universitas Borobudur 1 – Universitas Borobudur 3 – Taman Pangkalan Jati Kalimalang – Pangkalan Jati 1 – Kav Agraria Duren Sawit – Komplek Dolog Jaya – SMK Swadaya Global School – Pondok Kelapa Indah – Curug Kalimalang – Kav Marinir Kalimalang – Billy Moon – Pondok Kelapa Raya Kalimalang – Sbr. PPKD Jakarta Timur – Jl.Swakarsa III Pondok Kelapa – Sbr Komplek DDN Bintara Jaya – Sbr. SDN Pondok Kelapa 05 – SMPN 252 – Kelapa Village Pondok Kelapa.

Baca Juga: 3 Alasan Anies-Sandi Buat Program Rumah DP Nol Rupiah

3. Rincian harga rumah DP nol

Ini Rute TransJakarta Menuju Rumah DP Nol Rupiah di Duren SawitIDN Times/Dini suciatiningrum

Rumah tanpa DP ini ditujukan bagi warga Jakarta yang mempunyai penghasilan Rp4 juta sampai Rp7 juta. Dari 780 unit di 21 lantai, sudah ada 27 unit yang dihuni.

Rusunami ini terdiri dari tiga tipe, yakni tipe studio, tipe 1 bedroom (1 kamar tidur), dan tipe 2 bedroom (2 kamar tidur). Tentunya masing-masing tipe memiliki fasilitas dan cicilan yang berbeda. Harga terendah mulai Rp184.800.000 sampai Rp341.704.000.

4. Fasilitas rusunami sudah lengkap

Ini Rute TransJakarta Menuju Rumah DP Nol Rupiah di Duren SawitIDN Times/Dini suciatiningrum

Pantauan IDN Times, fasilitas yang sudah tersedia cukup memadai. Sebelah kanan lobby, sudah tersedia taman bermain yang dipenuhi berbagai macam mainan anak seperti ayunan, jungkat-jungkit yang berdiri di atas rumput hijau, dan ada juga musala yang berada di sebelah kiri lobby.

Rumah ini juga menyediakan fasilitas untuk disabilitas seperti parkiran dan jalur khusus untuk disabilitas.

5. Tersedia PAUD dan balai warga

Ini Rute TransJakarta Menuju Rumah DP Nol Rupiah di Duren SawitIDN Times/Dini suciatiningrum

Selain musala, ada juga balai warga yang sementara ini masih digunakan untuk aktivitas rusunami.

"Balai warga ini nantinya bisa dimanfaatkan penghuni untuk arisan, ulang tahun, atau acara lain agar tidak mengganggu penghuni lainnya," ujar Marketing Samawa, Putri, sambil menunjukkan ruangan yang berada di sebelah kanan musala.

Selain itu, sekolah setingkat PAUD juga sudah ada namun saat ini masih digunakan sementara untuk kantor pemasaran.

"Semua fasilitas dan sarana sudah selesai, jika ada keluhan penghuni bisa lapor pada kami," ujarnya.

Baca Juga: Intip Yuk Potret Rumah DP Nol Rupiah yang Sudah Mulai Dihuni

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya