Ini yang Dilakukan Ririn Setelah Dapat Tagihan Game Online Rp11 Juta

Ririn buat langkah pencegahan agar peristiwa tidak terulang

Jakarta, IDN Times - Setelah mendapat tagihan pembayaran game online lebih dari Rp11 juta, Ririn Ike Wulandari (37), seorang ibu asal Kediri, melakukan berbagai pencegahan agar peristiwa tersebut tidak terulang.

"Penting memang sebagai orangtua harus melek teknologi agar peristiwa ini tidak terulang lagi, mereka masih anak-anak gak tahu apa-apa, tahunya ya gratis," ujar Ririn pada IDN Times melalui pesan singkat, Selasa (16/4).

1. Ririn mengubah password dan pengaturan pembayaran

Ini yang Dilakukan Ririn Setelah Dapat Tagihan Game Online Rp11 JutaIDN Times/Panji Galih Aksoro

Ririn mengungkapkan, peristiwa tersebut tidak lepas dari keteledorannya sebagai orangtua.

Dia merasa aman sehingga email di smartphone sang suami tidak masuk dalam ponselnya. Menurutnya, dengan menyinkronkan email suami ke ponselnya, dia bisa mengetahui aktivitas yang dilakukan anak-anaknya.

"Anak saya ternyata bisa mengubah password email dan login ke google play. Tapi sekarang password email sudah saya ubah dan ubah password handphone pakai fingers print," terangnya.

2. Ririn turunkan limit pascabayar dari Rp10 juta menjadi Rp100 ribu

Ini yang Dilakukan Ririn Setelah Dapat Tagihan Game Online Rp11 JutaIDN Times/Galih Panji Aksoro

Selain mengubah password, Ririn juga menurunkan limit kartu pascabayar menjadi Rp100 ribu per bulan. Sebelumnya Ririn tidak tahu jika limit kartu mencapai Rp10 juta.

"Tahunya setelah ada tagihan ternyata jenis kartunya default limit Rp10 juta, sekarang limit saya turunkan Rp100 ribu per bulan," ujarnya.

3. Ririn akan mengajari anak buat video

Ini yang Dilakukan Ririn Setelah Dapat Tagihan Game Online Rp11 JutaPixabay.com/GemmaMM

Ririn tidak mau anak-anaknya ketagihan game online. Untuk itu, dia akan menggali potensi anak-anaknya agar lebih berkembang.

"Anak saya tertarik buat dan edit video, Insya Allah setelah ujian sekolah saya akan ajari mereka," imbuhnya.

Selain itu, Ririn akan mengirimkan anak-anak ke pondok pesantren untuk melanjutkan proyek tahfidnya.

"Anak saya hafidz baru tiga juz, jadi saya kirim ke pondok pesantren semua, siapa tahu bisa sekolah gratis ke luar negeri," terangnya.

4. Ririn tidak berikan smartphone ke dua anaknya

Ini yang Dilakukan Ririn Setelah Dapat Tagihan Game Online Rp11 JutaIDN Times/Galih Panji Aksoro

Lebih lanjut ibu dua anak ini bercerita, setelah pembayaran game online dari operator pascabayar yang mencapai Rp11 juta, Ririn tidak meminjamkan smartphone ke dua anaknya.

"Imbasnya saya tidak pinjamkan smartphone baik ke kakaknya juga adiknya. Sebenarnya mereka belum tahu pemberitaan di luar, mereka tahunya dihukum karena karena ada pelanggaran," ujarnya.

Ririn sengaja tidak memberikan smartphone ke anak-anaknya. Menurutnya, tanggung jawab harus dididik sejak dini apalagi mereka anak laki-laki.

"Makanya, mereka tidak pegang smartphone sendiri agar tidak manja, meski pun kami bisa belikan, jadi selama ini mereka pinjam smartphone ayah dan bundanya," katanya.

Baca Juga: Fakta-fakta Viral Tagihan Rp11 Juta karena Anak Main Game Online

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya