Istri Wali Kota Jakbar Malu, Warganya Masih Buang Hajat di Sungai

Di tengah kota metropolitan, terselip potret miris warga

Jakarta, IDN Times - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Jakarta Barat, Inad Luciawati Rustam Effendi menyayangkan kawasan Tanjung Duren Utara masih ada warga yang BAB sembarangan. Terlebih daerah tersebut dekat dengan pusat kota Jakarta.

"Padahal dari kantor ini (Kelurahan Tanjung Duren Utara) masih terlihat Monas. Saya malu ada warga di sini BAB-nya sembarangan," kata istri Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi itu seperti dilansir dari Antara, Rabu (9/10).

1. 124 KK tidak punya jamban sehat

Istri Wali Kota Jakbar Malu, Warganya Masih Buang Hajat di SungaiIDN Times/Dini Suciatiningrum

Berdasarkan data Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, RT 15 RW 07 Tanjung Duren Utara sebanyak 124 Kepala Keluarga (KK) tidak punya jamban sehat.

Inad meminta seluruh jajaran kelurahan dan kecamatan untuk menyediakan fasilitas jamban bersih agar kebiasaan buruk warga tersebut hilang.

Baca Juga: Potret Miris Warga Jakarta, Buang Tinja di Sungai Tak Jauh dari Monas

2. Warga tidak punya septick tank

Istri Wali Kota Jakbar Malu, Warganya Masih Buang Hajat di SungaiIDN Times/Dini Suciatiningrum

Sementara itu Ketua RT 5 RW 7, Sitanggang menampik bahwa warganya BAB sembarangan. Dia menjelaskan bahwa warga gang sekretaris I dan II mempunyai jamban namun tidak punya saluran pembuangan kotoran sendiri atau septick tank.

"Jadi saat buang hajat ya kotorannya langsung masuk ke Sungai Sekretaris," terangnya pada IDN Times.

3. Warga tidak komplain

Istri Wali Kota Jakbar Malu, Warganya Masih Buang Hajat di SungaiIDN Times/Dini Suciatiningrum

Walau demikian, menurut Sitanggang warga tidak pernah komplain tentang kondisi air sungai yang kotor dan penuh limbah kotoran manusia.

"Sejak saya tinggal sini yakni 1998, kondisi memang sudah seperti ini, dan warga selama ini gak komplain karena memang sudah terbiasa," terangnya.

Baca Juga: Tak Ada Air Bersih, Bayi 7 Bulan Ini Mandi Pakai Air Keruh dan Bau Got

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya