Jakarta Jadi Tuan Rumah Pertemuan Gubernur dan Wali Kota se-ASEAN 2023

MGMAC dirintis Joko Widodo saat jadi Gubernur DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - DKI Jakarta resmi ditetapkan menjadi tuan rumah Mayors and Governors Meeting of the ASEAN Capital 2023 (MGMAC 2023) dalam kegiatan MGMAC 2022 di Phnom Penh, Kerajaan Kamboja, Jumat (2/12/2022).

MGMAC 2022 merupakan pertemuan gubernur dan wali kota dari ibu kota-ibu kota negara-negara ASEAN. Pertemuan MGMAC tahun ini dilaksanakan dalam rangkaian acara ASEAN Mayors Forum (AMF 2022), yang dihadiri oleh gubernur, wali kota, dan kepala-kepala daerah dari pemerintah daerah di seluruh wilayah ASEAN.

1. Jakarta siap sambut mitra kolaborasi pemerintah daerah di ASEAN

Jakarta Jadi Tuan Rumah Pertemuan Gubernur dan Wali Kota se-ASEAN 2023Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tiba di Balai Kota usai dilantik Mendagri Tito Karnavian, Senin (17/10/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, pemimpin delegasi Provinsi DKI Jakarta, yaitu Kepala Biro Kerja Sama Daerah (KSD) Setda Provinsi DKI Jakarta, Marulina Dewi, membuka sesi Mayor's Discussion MGMAC 2022 dengan memaparkan transformasi Jakarta dalam bidang transportasi.

Selain itu, Marulina juga menerangkan pelayanan publik dan kota digital, serta menyatakan bahwa komitmen Jakarta dalam menciptakan perubahan-perubahan tersebut untuk mendukung kolaborasi pemerintah lokal ASEAN dalam membangun visi ASEAN Connectivity.

"Jakarta siap untuk menyambut dan menjadi mitra kolaborasi bagi pemerintah-pemerintah daerah di ASEAN," ujarnya dalam siaran tertulis, Minggu (4/12/2022).

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini 4 Desember 2022, Sebagian Jakarta Bakal Berawan

2. Jakarta menyambut inisiatif kerja sama untuk mengembangkan kota sebagai tempat tinggal yang lebih baik

Jakarta Jadi Tuan Rumah Pertemuan Gubernur dan Wali Kota se-ASEAN 2023Jakarta sepi (IDN Times/Kevin Handoko)

Menurutnya, dengan bekerja sama dalam kerangka ASEAN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin terus berbenah untuk mewujudkan visi Jakarta yang berkelanjutan dan layak huni.

"Sebagai Kota Kolaborasi, Jakarta menyambut inisiatif kerja sama dari mitra lokal dan internasional untuk mengembangkan kota sebagai tempat tinggal yang lebih baik. Kami mendukung terlaksananya pertukaran pengetahuan, pengalaman, serta praktik pengembangan, baik dalam pembangunan perkotaan di antara ibu kota ASEAN,” jelas Marulina.

3. Provinsi DKI Jakarta mengundang para gubernur, wali kota, serta pemimpin daerah di ASEAN

Jakarta Jadi Tuan Rumah Pertemuan Gubernur dan Wali Kota se-ASEAN 2023Bendera Negara-Negara ASEAN (dok. ASEAN.org)

Marulina juga menerima penyerahan tuan rumah MGMAC 2023 dari Gubernur Phnom Penh, selaku tuan rumah tahun MGMAC 2022.

Pada kesempatan tersebut, Marulina Dewi menyampaikan Provinsi DKI Jakarta mengundang para gubernur, wali kota, serta pemimpin daerah di ASEAN untuk berpartisipasi pada MGMAC 2023 di Jakarta.

Baca Juga: Sejarah Masjid Islamic Center Jakarta, Mulanya Tempat Prostitusi

4. MGMAC dirintis oleh Joko Widodo selaku Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2013

Jakarta Jadi Tuan Rumah Pertemuan Gubernur dan Wali Kota se-ASEAN 2023ANTARA FOTO/Humas Pemkot Bogor

Diketahui, MGMAC dirintis oleh Joko Widodo selaku Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2013. MGMAC adalah wadah bagi para pemimpin ibu kota negara-negara ASEAN untuk mendiskusikan gagasan dan praktik pengembangan, serta sebagai mekanisme untuk memperkuat kolaborasi di antara kota-kota tersebut.

Pada tahun ini, MGMAC diketuai oleh Gubernur Phnom Penh Khuong Sreng (Kamboja), dan dihadiri oleh sejumlah gubernur, wali kota, serta pejabat tinggi, di antaranya adalah Gubernur Bangkok Chadchart Sittipunt (Thailand), Wali Kota Nay Pyi Taw, Tin Oo Lwin (Myanmar), Direktur Urusan Komunitas Sekretariat ASEAN Lee Yoong Yoong, dan Sekretaris Jenderal UCLG-ASPAC, Bernadia Irawati Tjandradewi.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya