Comscore Tracker

Jenazah Dua Prajurit TNI yang Gugur di Papua Diterbangkan Siang Ini

Lettu Erizal dimakamkan di Dairi, Serda Rizky TMP Kalibata

Jakarta, IDN Times - Jenazah Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky Ramadhan yang gugur di Kabupaten Intan Jaya, Papua akibat serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Selasa (17/12) lalu akan diterbangkan ke Medan dan Jakarta, pada Kamis (19/12) siang.

Jenazah dua prajurit TNI AD ini akan diterbangkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Timika pukul 11.20 WIT dengan tujuan Denpasar dan Jakarta.

1. Lettu Erizal akan dimakamkan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, sementara Serda Rizky di TMP Kalibata, Jakarta

Jenazah Dua Prajurit TNI yang Gugur di Papua Diterbangkan Siang IniPutri harus kehilangan kekasihnya yang gugur dalam kontak senjata dengan KKB di Papua (dok. instagram @putrikladiaa)

Dilansir dari Antara, jenazah almarhum Serda Rizky Ramadhan setiba di Jakarta terlebih dahulu akan dibawa ke rumah duka. Selanjutnya, akan dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta pada Jumat (20/12).

Sedangkan jenazah almarhum Lettu Erizal selanjutnya akan diterbangkan dengan pesawat yang sama dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Jakarta menuju Bandara Kualanamu Medan pada pukul 20.00 WIB.

Setiba di Medan, jenazah almarhum Lettu Erizal akan dibawa menggunakan ambulans menuju Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi untuk selanjutnya dilaksanakan pemakaman.

Baca Juga: Gugur di Papua, Lettu Erizal Zuhri Berencana Menikah Februari 2020

2. Saat ini jenazah masih di Markas Batalyon Infanteri 754/ Eme Neme Kangasi Timika/Divisi III Kostrad

Jenazah Dua Prajurit TNI yang Gugur di Papua Diterbangkan Siang IniPutri harus kehilangan kekasihnya yang gugur dalam kontak senjata dengan KKB di Papua (dok. instagram @putrikladiaa)

Usai dibersihkan dan dikafani oleh petugas kamar jenazah RSUD Mimika, Rabu (18/12), jenazah kedua prajurit TNI AD tersebut dibawa ke Markas Batalyon Infanteri 754/ Eme Neme Kangasi Timika/Divisi III Kostrad untuk dilaksanakan persemayaman.

"Setelah dibersihkan dan dikafani oleh petugas kamar jenazah, jenazah kedua prajurit TNI ini dibawa ke Mayon, Distrik Kuala Kencana," ujar Humas RSUD Mimika Lucky Mahakena.

3. Baku tembak tewaskan dua prajurit TNI AD

Jenazah Dua Prajurit TNI yang Gugur di Papua Diterbangkan Siang Ini(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Sevianto Pakiding

Diberitakan sebelumnya terjadi baku tembak antara Satgas Penegakan Hukum (Gakum) TNI/Polri dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Kepala Bidang Penerangan Umum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Selasa (17/12) sekitar pukul 15.30 WIT.

''(Baku tembak) menyebabkan dua prajurit TNI gugur saat melaksanakan tugas dalam
menjamin keamanan warga Papua," kata Sus Taibur dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times di Jakarta, Rabu (18/12).

4. Pelaku penembakan diduga KKB

Jenazah Dua Prajurit TNI yang Gugur di Papua Diterbangkan Siang IniANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Sus Taibur menjelaskan, Satgas Gakum TNI/ Polri sebelumnya beberapa kali mendapat informasi dari warga Sugapa, ada ancaman saat sedang melaksanakan persiapan perayaan Natal.

"Mendapat gangguan keamanan berupa intimidasi, kekerasan fisik, perampokan, pemerkosaan dan perampasan serta penjarahan harta benda yang dilakukan oleh KKB," jelasnya.

Menurut Sus Taibur, pelaku penembakan diduga KKB pimpinan Lekagak Telenggen. Mereka sebelumnya pernah menewaskan tiga pengemudi ojek online di Papua.

"Diduga sebagai pelaku penembakan terhadap tiga pengemudi ojek pada  Oktober 2019," ujarnya.

5. Peningkatan patroli pengamanan di tempat yang diduga menjadi basis kegiatan KKB

Jenazah Dua Prajurit TNI yang Gugur di Papua Diterbangkan Siang Ini(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Rahmad

Sus Taibur mengungkapkan, usai Satgas Gakum TNI/ Polri menerima laporan dari masyarakat Sugapa, mereka pun meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di tempat yang diduga menjadi basis kegiatan KKB.

Namun nahas, pada saat melaksanakan patroli keamanan, kontak senjata terjadi dan mengakibatkan dua prajurit TNI gugur.

"Yaitu Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky, dan saat ini kedua jenazah dalam proses evakuasi," ungkapnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Jenazah Lettu Erizal Zuhri Korban Penembakan Papua Tiba di Sumut Besok

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya