Jokowi: Rumah Sakit TNI LB Moerdani Merauke Dibangun Hanya 20 Hari

Jokowi resmikan RS di Merauke bersama Puan Maharani

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani di Merauke, Papua, Minggu (3/10/2021).

Acara peresmian Rumah Sakit Jenderal dihadiri Ketua DPR Puan Maharani, Menhan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimutljono, Menhub Budi Karya Sumadi hingga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Alhamdulillah pada sore hari ini pembangunan rumah sakit Jenderal TNI LB Moerdani sudah selesai dan siap dimanfaatkan untuk melayani masyarakat utamanya masyarakat di Kabupaten Merauke," ujar Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

 

1. Rumah sakit dibangun hanya selama 20 hari

Jokowi: Rumah Sakit TNI LB Moerdani Merauke Dibangun Hanya 20 HariPetugas kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD) memeriksa tempat tidur pasien COVID-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/6/2021) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Jokowi mengungkapkan pembangunan rumah sakit tersebut terbilang sangat cepat sebab hanya membutuhkan waktu selama 20 hari.

"Rumah sakit ini dibangun sangat cepat sekali, kurang lebih 20-an hari," imbuhnya.

Baca Juga: Menhub Tinjau Infrastruktur di Jayapura-Merauke Jelang PON XX Papua

2. Rumah sakit dibangun untuk penanganan COVID-19

Jokowi: Rumah Sakit TNI LB Moerdani Merauke Dibangun Hanya 20 HariPetugas kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD) mengumpulkan limbah medis di ruang perawatan pasien COVID-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/6/2021) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Jokowi mengatakan awalnya rumah sakit dibangun untuk percepatan penanganan COVID-19 di Papua khususnya di Marauke.

"Namun karena kasus-kasus sudah turun, sudah melandai. Ini juga selain mendukung pelaksanaan PON XX juga pasca-PON untuk melayani masyarakat," kata Jokowi.

3. Rumah sakit dibangun untuk melayani masyarakat Papua

Jokowi: Rumah Sakit TNI LB Moerdani Merauke Dibangun Hanya 20 HariTwitter/@KSPgoid

Jokowi menilai fasilitas di rumah sakit tersebut sudah lengkap mulai
ruang rawat inap, isolasi karantina laboratorium IGD, OK dan radiologi dan farmasi.

Jokowi mengungkapkan di masa pandemik ini, fasilitas kesehatan di semua negara sangat dibutuhkan terutama bagi masyarakat di daerah yang sulit terjangkau.

"Saya berpesan agar rumah sakit ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani seluruh masyarakat dengan pelayanan yang cepat dan nyaman," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Terminal Penumpang Baru di Bandara Mopah Merauke

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya