Comscore Tracker

Jurus Menkes Budi Kejar Target Vaksinasi COVID-19 Sampai Akhir Tahun

Madih ada 130 dari 195 negara belum melakukan vaksinasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengakui vaksinasi COVID-19 pada Januari sampai Februari berjalan lambat dengan target sasaran 10 ribu sampai 100 ribu orang. Hal tersebut terjadi lantaran vaksin yang tersedia hanya 3 juta dosis.

"Sebanyak 130 dari 195 negara bahkan belum melakukan vaksinasi per 6 Maret, hanya 65 yang sudah termasuk. Indonesia," ujar Menkes Budi melakui pesan yang diterima IDN Times, Minggu (7/3/2021).

Baca Juga: DPR Optimistis Target Vaksinasi COVID-19 RI Tercapai

1. 500 ribu orang per hari akan divaksinasi mulai Maret sampai April

Jurus Menkes Budi Kejar Target Vaksinasi COVID-19 Sampai Akhir TahunPetugas medis memberikan penanganan kepada seorang pasien yang mengalami reaksi saat simulasi pemberian vaksin COVID-19 Sinovac di Puskesmas Kelurahan Cilincing I, Jakarta, Selasa (12/1/2021) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Menkes Budi menyampaikan akan meningkatkan target vaksinasi COVID-19 seiring penambahan vaksin.

Dia menjelaskan, pada Maret sampai April 2021 tersedia 30 juta dosis vaksin. Sehingga ditargetkan akan memvaksinasi 100 ribu sampai 500 ribu per hari.

Kemudian pada Mei sampai Juni akan tersedia 50 juta dosis vaksin
dengan ditargetkan vaksinasi 500 ribu sampai 1 juta orang per hari.

Lalu, Juli sampai Desember ada 1 juta sampai 1,5 juta per hari yang akan divaksinasi COVID-19 dengan kesediaan jumlah vaksin sebanyak 260 juta dosis.

Baca Juga: Menkes Budi: 3 Juta Dosis Vaksin Sudah Disuntikkan ke Masyarakat

2. Kemenkes akan sediakan 40 ribu pemberi vaksin

Jurus Menkes Budi Kejar Target Vaksinasi COVID-19 Sampai Akhir TahunIlustrasi Vaksin. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Untuk mencapai target vaksinasi yang kian meningkat sampai akhir tahun, Budi menegaskan fasilitas dan pemberi vaksin harus mencukupi agar bisa vaksinasi 1 juta sampai 1,5 juta per hari. Dengan menyediakan
40.000 pemberi vaksinasi, 13 ribu klinkm dan klinik umun, fasilitas, serta melakukan kolaborasi.

"Berharap pengiriman (vaksin) tepat waktu," harapnya.

3. Satu juta orang per hari divaksinasi mulai Juni sampai Juli

Jurus Menkes Budi Kejar Target Vaksinasi COVID-19 Sampai Akhir TahunPos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru Halodoc (Dok. Kemenkes)

Diberitakan sebelumnya, Menkes Budi mengatakan pihaknya akan melakukan vaksinasi terhadap 1 juta sampai 2 juta orang per hari mulai Juni 2021. Target tersebut ditetapkan sesuai target pengadaan vaksin di Tanah Air. 

"Saya minta di Maret-April 500 ribu orang divaksin, Juni-Juli baru satu juta orang, karena ketersediaan vaksinnya di Juni-Juli baru bisa 25 juta sebulan. Sejuta sehari kan 30 juta sebulan, sebelumnya kita ngak punya vaksinasi sebanyak itu," ujarnya dalam peresmian pusat pelayanan drive thru di Kemayoran yang dipantai virtual, Rabu (3/3/2021).

4. Presiden Jokowi targetkan vaksinasi COVID-19 selesai 1 tahun

Jurus Menkes Budi Kejar Target Vaksinasi COVID-19 Sampai Akhir TahunWali Kota Bogor Bima Arya meninjau vaksinasi COVID-19 pada tenaga kesehatan (Dok. Humas Pemkot Bogor)

Rencana tersebut sesuai target yang diberikan Presiden Joko "Jokowi " Widodo agar menyelesaikan vaksinasi COVID-19 dalam 12 bulan. Dia menerangkan pada semester pertama, target yang divaksinasi baru bisa mencapai 25 persen atau 45 juta orang.

"Permasalahanya adalah ketersediaan vaksin, karena sampai bulan Juni baru sekitar 90 juta vaksin yang kita datangkan, artinya ada 90 juta dosis vaksin atau 45 juta vaksinasi sampai bulan Juni," imbuhnya.

 

Baca Juga: Kejar Target, Jokowi Perintahkan Volume-Waktu Vaksinasi Ditingkatkan

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya