Kakek Eman Bangun dari Sakit demi Hormati Merah Putih Berkibar di TV 

Sakit tak memudarkan jiwa nasionalisme Kakek Eman

Jakarta, IDN Times - Momen Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia menyisakan banyak kejadian menarik yang menjadi viral di media sosial.

Salah satunya sebuah video yang memperlihatkan seorang kakek yang tengah terbaring sakit, tiba-tiba berdiri saat melihat detik-detik pengibaran Sang Saka Merah Putih di televisi.

Baca Juga: Bersama Cucu, SBY Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Secara Virtual

1. Kakek Eman seorang purnawirawan polisi Dayeuhkolot

Kakek Eman Bangun dari Sakit demi Hormati Merah Putih Berkibar di TV Kakek Eman /instagram @nenk_update

Dalam unggahan tersebut diketahui Kakek Eman berusia 85 tahun dan merupakan purnawirawan polisi Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

"Kakek Eman berusia 85 tahun, seorang purnawirawan polisi Dayeuhkolot yang terbaring sakit seketika bangun berdiri dan mengambil sikap sempurna dan hormat saat mengikuti upacara bendera lewat TV, MERDEKA...," tulis akun Instagram @nenk_update, memberi keterangan tentang foto tersebut.

2. Meski sakit, Kakek Eman berikan penghormatan pada Bendera Merah Putih

Kakek Eman Bangun dari Sakit demi Hormati Merah Putih Berkibar di TV Pengibaran Bendera saat pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-75 pada Senin, (17/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam rekaman tersebut, kakek Eman yang terlihat menggunakan koyo di pelipis mengambil peci yang terletak di samping kanan tempat tidurnya, saat mendengar perintah penghormatan untuk Sang Saka Merah Putih.

Dia membalut tubuh dengan sarung dan mengangkat tangan kanan dan memberikan penghormatan saat Bendera Merah Putih mulai dikibarkan, di televisi.

3. Netijen mendoakan agar Kakek Eman cepat sembuh

Kakek Eman Bangun dari Sakit demi Hormati Merah Putih Berkibar di TV Paskibraka saat pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-75 pada Senin, (17/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sontak apa yang dilakukan Kakek Eman membuat netijen salut karena sikap nasionalismenya.

"Kayanya jaman dulu upacara tuh wajib banget, sekarang udah pudar rasa cinta tanah air," tulis akun Instagram @branded 1818.

"Terharu lihatnya cepat sembuh ya kakek Eman MERDEKA," ucap akun achiedcuit.

"Masya allah cepat sembuh kakek," doa yang sama diucapkan akin@sitybugis.

Baca Juga: HUT ke-75 RI, Puluhan Penyelam Kibarkan Bendera di Bawah Laut 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya