Kemenkes: Satu Pasien Terinfeksi Mutasi Virus Corona B1351 Meninggal 

Total ada 13 pasien positif terinfeksi mutasi virus COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan membeberkan kondisi terkini pasien COVID-19 di Indonesia yang terinfeksi varian baru virus corona baik varian B1351 dari Afrika Selatan, varian B117 dari Inggris, maupun varian B1617 dari India.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi mengungkapkan, satu pasien warga negara Indonesia yang positif terinfeksi varian B1351yang ditemukan di Bali meninggal dunia.

"Pasien ini diambil spesimennya tanggal 25 Januari 2021, dan ternyata pasien ini pada 16 Februari 2021 meninggal dunia," ujarnya dalam konferensi pers yang dipantau virtual, Selasa (4//5/2021).

Baca Juga: [LINIMASA-6] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

1. Kemenkes lakukan penyelidikan epidemiologi untuk cek ada atau tidak transmisi lokal

Kemenkes: Satu Pasien Terinfeksi Mutasi Virus Corona B1351 Meninggal Ilustrasi laboratorium (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Nadia menambahkan, pihaknya langsung melakukan penyelidikan epidemiologi dan menganalisa apakah dari laporan yang ada terjadi peningkatan saat kasus ini terkonfirmasi.

"Karena kasus ini sebenarnya sudah jauh sekali sejak Januari, yang bersangkutan meninggal 16 Januari, jadi kita sedang menganalisis secara epidemiologi apakah terjadi transmisi lokal," ujarnya.

2. Dua kasus positif varian B117 yang ditemukan di Jakarta, satu pasien sudah sehat

Kemenkes: Satu Pasien Terinfeksi Mutasi Virus Corona B1351 Meninggal Ilustrasi mutasi virus corona varian B117 dari Inggris. embl.org

Kemudian, lanjut Nadia, dua infeksi kasus positif varian B117 yang ditemukan di Jakarta, satu pasien WNI yang spesimennya diambil pada 3 April saat ini sudah dalam kondisi sehat. Satu kasus lainnya merupakan seorang warga negara India yang diambil spesimennya pada 22 April.

"Saat ini WNA tersebut kondisinya stabil, sehat, dan dirawat di RSPI untuk proses isolasi," kata Nadia.

3. Total ada 13 kasus mutasi baru virus corona di Indonesia

Kemenkes: Satu Pasien Terinfeksi Mutasi Virus Corona B1351 Meninggal Ilustrasi Tenaga Kesehatan di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, Nadia mengabarkan, ada tiga tambahan kasus positif COVID-19 terkait varian B117. Pertama adalah dialami Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Arab Saudi dan dua kasus B117 dialami WNI.

"Tentunya ini menambah total B117 yakni sepuluh yang kemarin kita tetapkan, bertambah tiga kasus sehingga total ada 13 kasus varian mutasi yang ada di indonesia saat ini," imbuhnya.

Baca Juga: Waspada, Varian Baru COVID-19 3 Mutasi India Bisa Muncul di Indonesia

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya