Kemenkes Tegaskan 11 Pasien Negatif Virus Corona, 2 Masih Observasi

Belum ditemukan kasus virus corona di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada warga yang terkena suspect virus Corona meski ada 13 pasien yang diisolasi di beberapa rumah sakit di Indonesia. Para pasien tersebut masuk isolasi dengan status people under observation atau pasien dalam masa observasi.

"Hari ini kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang masih masuk di dalam kategori people observation," ujar Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Anung Sugihantono, dalam jumpa pers di Gedung Kemenkes, Senin (27/1).

1. Satu pasien yang sempat diisolasi sudah keluar

Kemenkes Tegaskan 11 Pasien Negatif Virus Corona, 2 Masih ObservasiKementerian Kesehatan menggelar jumpa pers update Virus Corona di Gedung Kemenkes (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dia memaparkan dari 13 pasien yang diisolasi, 11 pasien di antaranya dinyatakan negatif virus corona sedangkan dua pasien lainnya masih observasi.

"Satu pasien yang dirawat di Surabaya hari ini sudah keluar namun tetap kami pantau," imbuhnya.

2. Menteri Kesehatan menegaskan belum ada pasien yang dinyatakan suspect corona

Kemenkes Tegaskan 11 Pasien Negatif Virus Corona, 2 Masih ObservasiFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Anung memaparkan pasien yang masuk masa observasi merupakan pasien yang mempunyai gejala batuk dan pilek tetapi ada riwayat bepergian ke negara yang sudah terkena atau pernah kontak fisik.

"Jika dalam pemeriksaan laboratorium menemukan virus corona maka disebut suspect, namun terakhir satu jam lalu bapak Menteri Kesehatan menegaskan sampai hari ini tidak ditemukan suspect corona," ujarnya.

Baca Juga: Suspect Virus Corona di RSHS Kerja di Kereta Cepat Jakarta-Bandung

3. Pasien terisolasi juga mempunyai kartu kuning

Kemenkes Tegaskan 11 Pasien Negatif Virus Corona, 2 Masih ObservasiKementerian Kesehatan menggelar jumpa pers update Virus Corona di Gedung Kemenkes (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Selain indikasi tersebut, pasien yang diisolasi membawa health card atau kartu kuning dari Dinas Kesehatan setempat saat memasuki Indonesia. Kartu tersebut sebagai alat memantau jika mengalami sesuatu dalam waktu 14 hari maka akan dilakukan pemeriksaan.

"Di beberapa tempat juga (sistem) semacam itu yang kita lakukan ya, jadi pemeriksaan laboratorium dilakukan kemudian," tambahnya.

Kemenkes Tegaskan 11 Pasien Negatif Virus Corona, 2 Masih ObservasiIDN Times/Arief Rahmat

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Kemenkes Aktikan Hotline Layanan Publik Seputar Virus Corona

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya