Kemenkes: WHO Menyatakan Sehat Bukan Berarti Negatif Virus Corona

Pemeriksaan virus corona tidak dilakukan pada semua orang

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan menegaskan 243 WNI yang dijemput dari Wuhan, Tiongkok, telah dinyatakan sehat sesuai standar WHO (World Health Organization).

“Semua WNI yang dijemput keadaan sehat ya artinya tidak sakit, bukan negatif virus corona," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto, saat dihubungi IDN Times, Minggu (2/2).

1. Pemeriksaan standar yang dilakukan yakni screening bukan pemeriksaan virus

Kemenkes: WHO Menyatakan Sehat Bukan Berarti Negatif Virus CoronaSebanyak 238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok, tiba di Bandara di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2) sekitar pukul 08.30 WIB. (Dok. Kementerian Luar Negeri)

Achmad menerangkan pemeriksaan standar yang dilakukan yakni screening bukan pemeriksaan virus.

"Yang dikatakan bahwa mereka harus lakukan screening sebelum keluar dari Tiongkok, bahwa mereka gak sakit bukan negatif pemeriksaan virusnya," jelasnya.

Baca Juga: [BREAKING] 238 WNI dari Wuhan Diobservasi di Lanud Raden Sadjad Natuna

2. Pemeriksaan virus dilakukan jika timbul gejala

Kemenkes: WHO Menyatakan Sehat Bukan Berarti Negatif Virus Corona(Kru Batik Air mengenakan baju steril untuk mengawal penerbangan ke Wuhan) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Dia menegaskan bahwa pemeriksaan virus tidak dilakukan pada semua orang atau WNI yang melakukan screening. Namun, hanya pada orang yang suspect atau terindikasi virus corona.

"Pemeriksaan virus baru dilakukan jika muncul gejala jadi bukan saat screening," imbuhnya.

3. Jika muncul gejala akan diambil spesimen untuk diperiksa

Kemenkes: WHO Menyatakan Sehat Bukan Berarti Negatif Virus Corona(Twitter/@infoppkk)

Achmad menerangkan virus corona membutuhkan masa inkubasi selama 14 hari, artinya jika masa tersebut muncul keluhan seperti influenza yakni batuk, demam, sesak napas maka akan dilakukan pemeriksaan virus corona.

"Begitu ada gejala corona, kita ambil spesimennya untuk lakukan pemeriksaan," terangnya.

4. Semua WNI yang datang dari Wuhan dalam kondisi sehat

Kemenkes: WHO Menyatakan Sehat Bukan Berarti Negatif Virus Corona(Twitter/@infoppkk)

Istana Kepresidenan melalui Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman memastikan semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang dijemput dari Wuhan, China, telah dinyatakan sehat sesuai standar WHO (World Health Organization).

“Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO,” kata Fadjroel Rachman dilansir dari Antara.

Baca Juga: Virus Corona Belum Hilang, Flu Burung Kembali Serang Tiongkok

https://www.youtube.com/embed/GB4nEDEXzFs

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya