Kemenkominfo dan UGM Kirim 6 Ribu Mahasiswa untuk Literasi di 441 Desa

Satu kelompok mahasiswa akan mengedukasi satu desa

Jakarta, IDN Times - Kemenkominfo menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar kuliah kerja nyata pembelajaran pemberdayaan masyarakat (KKN PPM) untuk melakukan literasi digital.

Rektor UGM, Ova Emilia, mengatakan sebanyak 6.247 mahasiswa akan diterjunkan dalam KKN PPM periode ke-2 tahun 2022. Mereka telah diberikan pembekalan khusus mengenai empat pilar utama literasi digital melalui kegiatan Training of Trainer (ToT).

"Literasi digital ini nantinya akan diteruskan kepada masyarakat di 441 desa yang tersebar dalam 199 kecamatan, 85 kabupaten/kota, 28 provinsi di Indonesia," ujarnya dalam siaran tertulis, Senin(27/6/2022) malam.

Baca Juga: Rektor UGM Pastikan UTBK di UGM Tidak Ada Kecurangan 

1. Literasi digital sebagai materi penyuluhan di KKN

Kemenkominfo dan UGM Kirim 6 Ribu Mahasiswa untuk Literasi di 441 Desaugm.ac.id

Ova mengatakan Kemenkominfo bekerja sama dengan UGM menjadikan 4 pilar utama Literasi Digital meliputi kecakapan digital (digital skill), etika digital (digital ethics), budaya digital (digital culture), dan keamanan digital (digital safety).

"Empat pilar ini sebagai salah satu materi penyuluhan untuk masyarakat desa dalam aktivitas KKN-PPM Periode 2 Tahun 2022," ujarnya.

Baca Juga: Naik Motor Dilarang Pakai Sandal Jepit, Pakar UGM: Perlu Waktu!

2. Pelaksanaan KKN untuk capai Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030

Kemenkominfo dan UGM Kirim 6 Ribu Mahasiswa untuk Literasi di 441 DesaRektor UGM baru 2022-2077, Ova Emilia/ugm.ac.id

Ova menegaskan pelaksanaan KKN-PPM merupakan salah satu wujud komitmen UGM dalam mengimplementasikan Education for Sustainable Development (ESD), yaitu pendidikan yang mendorong perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan sikap untuk memungkinkan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan adil bagi semua.

Hal ini dilakukan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030, yaitu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi
lingkungan.

3. Mahaiswa akan mengedukasi satu desa

Kemenkominfo dan UGM Kirim 6 Ribu Mahasiswa untuk Literasi di 441 DesaPelepasan secara daring KKN-PPM UGM Dok: Humas UGM

Untuk mencapai tujuan literasi digital, satu kelompok KKN terdiri dari 20 hingga 30 mahasiswa yang bertugas mengedukasi satu desa sesuai dengan proposal termasuk melakukan penyuluhan mengenai Literasi Digital.

Mengingat perkembangan terhadap pandemi, maka pada tahun ini UGM akan melaksanakan kegiatan KKN-PPM secara luring.

“KKN-PPM UGM Periode 2 Tahun 2022 ini akan dilaksanakan selama 50 hari secara luring mulai dari tanggal 25 Juni besok sampai dengan tanggal 13 Agustus 2022," kata Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM Prof. Irfan Dwidya Prijambada.

Baca Juga: UGM Jadi Universitas Terbaik Indonesia Versi QS World Rangking 2023

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya