Kemensos Beri Santunan untuk 11 Korban Lift Jatuh Margo City Depok 

Korban meninggal mendapat santunan Rp15 juta dari Kemensos

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini menginstruksikan jajarannya untuk memberikan layanan bagi 11 orang korban jatuhnya lift barang di mal Margo City, Depok, Sabtu (21/8/2021) sore. Satu orang korban dinyatakan meninggal dunia.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin mengunjungi lokasi kejadian untuk mengetahui langsung insiden yang membuat sebagian bangunan mal ambruk tersebut. Kemensos juga menerjunkan tim dari empat balai milik Kemensos.

“Usai menerima informasi lift yang jatuh di Mall Margo City, Depok, kami dari Kemensos langsung ke lokasi dan segera memberikan bantuan bagi 11 korban. Untuk satu orang korban meninggal dunia, Kemensos akan memberikan santunan kematian dengan nilai Rp15 juta," ujar Pepen dalam siaran tertulis, Minggu (22/8/2021).

1. Kemensos terjunkan bantuan ambulans hingga trauma healing untuk korban

Kemensos Beri Santunan untuk 11 Korban Lift Jatuh Margo City Depok Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin mengunjungi korban lift Margocity Depok/dok Kemensos

Selain itu, sesuai arahan Mensos, tiga balai diterjunkan yakni Balai Besar Inten Soeweno, balai Ciungwanara dan Balai Panasea dengan menerjunkan tim perawat, dan bantuan ambulans ke lokasi kejadian. Tim juga memberikan layanan trauma healing pada korban dan keluarga korban.

“Kami dari balai Kemensos sudah mengasesmen keluarga korban, namun bagi para korban masih belum bisa ditemui. Kami masih standby apabila ada hal-hal yang membutuhkan respons cepat," ujar koordinator tim Balai Ciungwanara Ropiah.

Baca Juga: Deretan Fakta Insiden Ambruknya Bangunan Mal Margo City Depok

2. Daftar korban ambruknya mal Margo City Depok yang masih dirawat di rumah sakit

Kemensos Beri Santunan untuk 11 Korban Lift Jatuh Margo City Depok Mal Margocity Depok (Dok. IDN Times/Istimewa)

Personel dari tiga balai akan dibagi merata untuk memberikan layanan kepada korban. Ke-11 korban tersebut, 8 orang dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bunda Depok yakni :

1. Rendi 29 tahun
2. Jaelana 36 tahun
3. Firdaus 38 tahun
4. Taufik Hidayat 35 tahun
5. Maulida Agustin 26 tahun
6. Meri Anggraini 21 tahun
7. Nurma Yuningsih 38 tahun
8. Winda Novita 31 tahun

Sedangkan, 3 orang dirawat di RS Universitas Indonesia (UI) satu orang dinyatakan meninggal dunia.

3. Peristiwa diduga karena lift barang jatuh hingga menyebabkan sebagian bangunan ambruk

Kemensos Beri Santunan untuk 11 Korban Lift Jatuh Margo City Depok Suasana Margo City usai insiden ambruknya plafon. (Dok. Damkar Kota Depok)

Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (21/8/2021), pukul 16.30 ada bunyi getaran kuat di lantai ground dan ada tembok yang ambruk. Sebagai informasi sementara, kejadian ini disebabkan lift barang jatuh namun sedang diinvestigasi lebih lanjut oleh Inafis Polri.

Para korban merupakan personel sekuriti, karyawan, satpam dan pengunjung mal.

Berdasarkan pantauan di lapangan hingga pukul 22.30 WIB situasi kondusif dan hanya terlihat anggota keluarga korban yang masih berdatangan di RS Bunda maupun di RS UI.

4. Diduga lift barang kelebihan muatan

Kemensos Beri Santunan untuk 11 Korban Lift Jatuh Margo City Depok Mal Margo City Depok (Dok. Damkar Depok/Istimewa)

Governance Relation Mall Margo City, Saleh mengungkapkan, dari investigasi polisi, kejadian ini karena lift barang kelebihan muatan dan jatuh yang mengakibatkan plafon mall ambruk dan tembok belakang jebol.

“Bukan karena ledakan tapi ini murni kecelakaan. Sedangkan 11 korban terdiri 2 orang sekuriti, 1 pengunjung dan sisanya dari tim tenant. Untuk malam ini, ada 1 dari 8 korban yang dirawat di RS Bunda sudah pulang,” imbuh Saleh.

Baca Juga: Empat Korban Ambruknya Mal Margo City Depok Alami Luka Bakar

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya