Kemensos Buka Donasi Korban Gempa Cianjur, Risma: Agar Bantuan Merata

Pengungsi masih butuhkan uluran tangan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial (Kemensos) membuka donasi bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan untuk korban terdampak gempa Cianjur.

"Saya berinisiatif untuk kita membuka posko mulai besok Sabtu untuk menerima bantuan baik dalam bentuk barang maupun uang," ujar Risma dalam konferensi pers di Kementerian Sosial, Jumat (25/11/2022).

1. Jalanan macet karena banyak warga sumbang langsung

Kemensos Buka Donasi Korban Gempa Cianjur, Risma: Agar Bantuan MerataSuasana RSUD Cianjur usai gempa mag 5.6 yang terjadi pada Senin (21/11/2022). (dok. IDI Cianjur)

Pembukaan donasi ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat yang ingin membantu korban di Cianjur. Risma mengungkapkan, akses di lokasi macet karena banyak yang datang langsung memberi sumbangan.

"Kita sendiri ke sana kesulitan untuk bergerak terutama ambulans karena jalannya macet," ujar Risma .

Baca Juga: Bantuan 1,3 Ton Rendang Dikirim ke Cianjur

2. Donasi akan jangkau lokasi terpencil

Kemensos Buka Donasi Korban Gempa Cianjur, Risma: Agar Bantuan MerataMensos Tri Rismaharini kunjungi lokasi gempa Cianjur, dok Kemensos

Risma mengatakan, pihaknya akan berusaha menjangkau lokasi bencana yang terpencil atau terisolir menggunakan kendaraan kecil, agar bantuan bisa dirasakan semua korban gempa.

"(Donasi) ini untuk mengurangi beban, karena jalannya terutama di atas gunung, makin lama makin kecil dan semakin sempit. Kalau kemarin kita pakai truk, sekarang kita cari mobil kecil-kecil agar bisa sampai sana," kata Risma.

Risma menambahkan, banyak pengungsi saat ini membutuhkan pakaian, pampers, alat mandi. Bagi masyarakat yang ingin donasi melalui Kemensos bisa mengirimkan ke no rek BNI 0461457520 atas nama RPL182 DIT PSDBS KEMENSOS HIBAH 2LLSHDT2.

3. Kemensos buka dapur umum tambahan

Kemensos Buka Donasi Korban Gempa Cianjur, Risma: Agar Bantuan MerataMensos Tri Rismaharini kunjungi lokasi gempa Cianjur, dok Kemensos

Selain membuka donasi, Kemensos juga buka membuka dapur umum tambahan di Jakarta dan Bekasi untuk membantu korban yang terdampak gempa Cianjur.

Sebelumnya, Kemensos telah membentuk 16 dapur umum yang memberikan 27.890 porsi bagi masyarakat di lokasi bencana. Risma menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan pengungsi, maka Kemensos terus membuat dapur umum termasuk di Jakarta dan Bekasi.

"Kita juga buat dapur umum baru, dan saya putuskan pada hari ini kita membuat dapur umum di Taman Makam Pahlawan di Jakarta, dan satunya di Bekasi di balai Balai Pangudi Luhur," ujar Risma

Baca Juga: JNE Gratiskan Ongkir Kiriman Bantuan ke Korban Gempa Cianjur

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya