Kemensos Pastikan Bansos Gelombang Pertama Tuntas 15 Juli  

Penyerapan anggaran sudah mencapai 60,38 persen

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyoroti penyaluran bantuan sosial (bansos) yang dinilai sudah lumayan. Tapi Jokowi meminta kinerja menteri harusnya lebih dari itu.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras menerangkan, penyaluran bantuan sosial tahap lima sudah mencapai 90 persen.

"Tahap satu, dua, tiga, dan empat sudah 100 persen, tahap lima akan selesai secepatnya. Insyaallah kami meyakini sebelum tanggal 15 Juli akan selesai semuanya," kata Hartono dalam konferensi pers yang ditayangkan di Youtube Kemensos, Rabu (1/6).

Baca Juga: Pemerintah Daerah Diminta Cairkan Anggaran Kesehatan dan Bansos 

1. Bansos sembako dilanjutkan sampai akhir tahun

Kemensos Pastikan Bansos Gelombang Pertama Tuntas 15 Juli  Penyaluran bansos ditargetkan selesai 15 Juli (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Lebih lanjut dia menerangkan, bansos gelombang pertama senilai Rp600 ribu sudah diberikan setiap bulan dua kali, sejak April sampai Juni.

Sementara itu, bansos sembako akan dilanjutkan sampai Desember, namun nilai bantuan dikurangi dari Rp600 ribu menjadi Rp300 ribu per keluarga.

"Untuk gelombang pertama, Menteri Sosial Juliari P Batubara memastikan semua bansos akan selesai disalurkan pada 15 Juli mendatang," paparnya.

2. Target Bantuan Sosial Tunai baru menjangkau 8,7 juta keluarga

Kemensos Pastikan Bansos Gelombang Pertama Tuntas 15 Juli  Petugas PT Pos Indonesia menyerahkan bantuan sosial (bansos) tunai tahap pertama Kemensos kepada salah seorang KPM di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/4) (Dok. Kemensos)

Sementara itu, untuk Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi warga yang terdampak COVID-19 di luar Jabodetabek, pada tahap pertama baru menjangkau 8,7 juta keluarga dari target sembilan juta keluarga.

"Targetnya juga sama pertengahan Juli selesai," terangnya.

3. Penyerapan anggaran sudah mencapai 60,38 persen

Kemensos Pastikan Bansos Gelombang Pertama Tuntas 15 Juli  Mensos Juliari P Batubara di Webinar IDN Times (Dok. IDN Times)

Hartono Laras menambahkan, untuk penyerapan anggaran di Kementerian Sosial sudah mencapai 60,38 persen dari alokasi anggaran APBN 2020 Rp104,4 triliun

"Target realisasi nasional 39,19 persen, sehingga penyerapannya sudah di atas realisasi nasional. Jadi kalau sudah mencapai 60,38 persen saya kira tidak lambat," terangnya.

4. PT Pos Indonesia tambah durasi layanan distribusi bansos dari pagi hingga malam

Kemensos Pastikan Bansos Gelombang Pertama Tuntas 15 Juli  PT Pos Indonesia distribusikan sembako murah dari Lumbung Pangan Jatim ke pembelinya. Dok.IDN Times/Istimewa

Kemensos juga sudah membuat terobosan untuk mengakselerasi distribusi bantuan, yakni dengan menginstruksikan PT Pos Indonesia untuk menambah durasi layanan dari pagi hingga malam, dan menggerakkan semua resources.

“Masih terkait BST, penyaluran bantuan dilakukan secara simultan. Yakni disalurkan berbarengan antara salur dan pemutakhiran perubahan data, untuk mempercepat dan meningkatkan ketepatan sasaran," ucapnya.

Kemensos juga menambah vendor dari sebelumnya 5 menjadi 20-an bahkan lebih, serta menyederhanakan item sembako dari yang semula 10 item disederhanakan dengan nilai yang sama.

Baca Juga: Ribuan Paket Bansos di Depok Belum Tersalurkan, Apa Sebabnya?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya