Comscore Tracker

Kisah di Balik Foto Anggota Brimob Melepas Rindu di Tengah Kerusuhan

Anggota Brimob itu melepas rindu dengan anaknya

Jakarta, IDN Times - Fotografi memberi kesaksian tentang sebuah kebenaran. Seperti sebuah foto anggota Brimob yang melepas kerinduan di tengah situasi yang memanas di depan Bawaslu pada Selasa (21/5) lalu.

Foto tersebut diabadikan oleh seorang jurnalis foto Agung Wilis Yudha Baskoro dan menjadi viral setelah diunggah akun Instagram @masagungwilis.

Pada IDN Times, Agung menceritakan foto sekilas yang berhasil dia dapatkan di sekitar Bawaslu.

Ketika itu, hari beranjak petang. Agung melihat dua anggota Brimob sedang beristirahat di sela tugasnya mengamankan aksi demo sekelompok massa.

Mereka duduk bersender di dekat halte bus TransJakarta, hampir di depan Kedutaan Perancis.

"Saya sempat ajak ngobrol, tapi sepertinya bapak yang depan itu mengantuk, kemudian bapak yang belakang keluarkan HP untuk video call dengan anaknya. Ya, sudah saya jepret aja momennya," tuturnya di Jakarta, Kamis (23/5).

Namun sayang, belum sempat Agung berkenalan dengan dua aparat tersebut situasi sudah siaga I yang memaksa aparat kembali bersiap.

Agung tidak menyangka foto tersebut viral dan menuai respons positif dari warganet, teman-teman, dan juga media tempat dia bekerja.

"Ternyata masih banyak yang sayang sama petugas polisi. Ya gimana pun saat kondisi chaos di tengah kontestasi politik menang atau kalah akan selalu ada kemanusiaan di situ. Itu yang kita gak boleh lupa," ujarnya.

Melalui foto tersebut Agung ingin menyampaikan bahwa aparat juga manusia, mempunyai anak sama seperti para demonstran yang mungkin mempunyai suami, istri dan anak.

"Saya ingin menunjukkan bahwa aparat juga manusia. Jangan lupa memanusiawikan manusia," ucapnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Terbaru Aksi 22 Mei Tolak Hasil Pilpres 2019

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You