Comscore Tracker

Kisah Inspiratif Perjuangan Driver Ojol Jadi Polisi

Dari kuli bangunan hingga sopir pernah ia jalani

Jakarta, IDN Times - Kisah inspiratif datang dari seorang pria yang menceritakan kisah hidupnya di media sosial. Dalam akun TikTok Ramdhanasr, pria tersebut melakukan segala macam pekerjaan mulai driver ojol, kuli bangunan, kuli panggul hingga jualan keripik.

Dalam perjalanan mengais rezeki, rasa lelah tersebut seolah terbayar, tatkala ia mendaftar pendidikan sebagai polisi. Tidak disangka, dia dinyatakan lolos, tangis haru sang ibu pun tidak terbendung saat mendengar anaknya lolos jadi bintara polisi. Seperti apa kisahnya?

Baca Juga: Dishub DKI: Semua Sopir Ojol Sudah Punya STRP 

1. Bekerja sebagai driver ojol pada 2020

Kisah Inspiratif Perjuangan Driver Ojol Jadi PolisiSeorang pria yang sebelumnya bekerja berbagai hal dan akhirnya lulus Pendidikan Bintara Polri. (instagram.com/dramaojol.id)

Terlahir dari keluarga sederhana, tidak mudah bagi pria tersebut menjalani kehidupan. Dia menceritakan pada 2020 ia mendaftar jadi driver online. Di sela-sela pekerjaannya, dia juga membantu ayahnya menyortir rongsokan.

“Di tahun 2020 saya bekerja Grab (pengemudi). Ini pas ketiduran di basecamp gara-gara menunggu orderan masuk,” tulisnya, di kutip dari akun Instagram @dramaojol.id, Rabu (1/9/2021).

2. Berbagai pekerjaan dia lakukan

Kisah Inspiratif Perjuangan Driver Ojol Jadi PolisiSeorang pria yang sebelumnya bekerja berbagai hal dan akhirnya lulus Pendidikan Bintara Polri. (instagram.com/dramaojol.id)

Pria itu tidak hanya melakoni satu pekerjaan, dia juga pernah menjadi pengantar minuman kemasan, berjualan ketupat dan keripik, sopir angkutan barang, hingga kuli bangunan. Uang yang didapatkan juga diberikan pada sang ibu.

“Pernah jadi kuli bangunan, uangnya dipakai buat kebutuhan sehari-hari sama kasih ke mamak, pernah jadi sopir pindahan juga. Uangnya dibagi dua sama mamak,” katanya.

3. Mencoba peruntungan daftar jadi polisi

Kisah Inspiratif Perjuangan Driver Ojol Jadi PolisiIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Tak berselang lama, pemuda itu mencoba peruntungan untuk pertama kali mendaftar jadi polisi. Pria tersebut mengaku membutuhkan waktu cukup lama untuk mengumpulkan berkas persyaratan.

“Pada akhirnya, saya mengadu nasib mendaftar Polri tahun pertama. Mengurus berkas sampai 1 minggu baru selesai semua. Setiap tes, saya selalu sendiri, gak pernah di antar orang tua,” tulisnya.

Sempat berkecil hati, lantaran kawan seperjuangan rela merogoh kocek untuk mengikuti bimbingan belajar agar lolos jadi polisi. Sementara, ia belajar mandiri.

4. Terpilih mengikuti pendidikan Bintara Polri

Kisah Inspiratif Perjuangan Driver Ojol Jadi PolisiSeorang pria yang sebelumnya bekerja berbagai hal dan akhirnya lulus Pendidikan Bintara Polri. (instagram.com/dramaojol.id)

Perjuangan serta pengorbanannya selama ini, membuahkan hasil yang manis. Pemuda tersebut akhirnya dinyatakan lolos seleksi mengikuti pendidikan bintara Polri.

“Pada akhirnya, hari yang di tunggu-tunggu tiba dan saya dinyatakan lulus. Terpilih mengikuti pendidikan Bintara Polri,” jelasnya.

Dia segera menghubungi sang ibu untuk memberi kabar bahagia tersebut. Sontak, ibunda pun menangis haru.

“Pesan buat semuanya, jangan pernah menyerah dengan keadaan. Tetap semangat karena rezeki itu tidak ada yang tahu,” tulisnya di akhir video tersebut.

Terang, video tersebut menuai respons positif dari warganet yang sebagian besar mendoakan pria tersebut dan turut merasa bangga.

"Itulah kita tidak bisa memilih terlahir di keluarga kaya apa miskin, namun kita bisa memilih untuk hidup sama seperti saat lahir atau terus berudaha untuk ubah keadaan. Salut," komentar seorang warganet di postingan tersebut.

"Kadang masih gak percaya ada gini2an tetapi kalau Allah bilang jadi, ya jadi," timpal warganet lainnya.

Baca Juga: Haru, Driver Ojol Antar Pesanan Sejauh 15 Km Pakai Sepeda Tua

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya