Konser Dewa 19 di JIS Bikin Trauma, PSI Minta Akses Diperbaiki

Banyak warga yang mengeluhkan akses keluar tidak ideal

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah PSI DKI Jakarta, Elva Farhi Qolbina, menyayangkan banyaknya aduan warga yang mengeluhkan pengalaman pascakonser Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS), Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (4/2/2023) malam.

"Sayang sekali, teman-teman jadi pulang dengan kesan buruk setelah nonton Dewa 19 yang apik di JIS hanya karena tidak ada akses transportasi yang memadai di sekitar JIS," ujar Elva dalam siaran tertulis, Senin (6/2/2023).

Baca Juga: Bubaran Konser Dewa 19 di JIS, Penonton: Takut, Inget Tragedi Itaewon 

1. Integrasi transportasi jadi sangat urgent

Konser Dewa 19 di JIS Bikin Trauma, PSI Minta Akses DiperbaikiSuasana penonton di area JIS, Pademangan, Jakarta Utara usai Konser Dewa 19 berakhir, Sabtu (4/2/2023). (Dok. Pribadi)

Menurutnya, PSI Jakarta sudah pernah mengkritik JIS pada proses pembangunannya. Saat ini, ketika sudah beroperasi pun masih ada masalah yakni akses yang sulit.

"Sayang sekali sampai ada yang trauma konser. Walaupun masalah JIS ini adalah peninggalan masa kepemimpinan sebelumnya, sudah tidak ada waktu mengeluh. Integrasi transportasi jadi sangat urgent," katanya.

Baca Juga: Keluhan Penonton Konser Dewa 19 di JIS, Macet dan Jalan Kecil!

2. Usai nonton konser Dewa 19 penonton malah takut

Konser Dewa 19 di JIS Bikin Trauma, PSI Minta Akses DiperbaikiSuasana penonton yang akan menonton Konser Dewa 19 di area jalan dekat JIS, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (4/2/2023). (Dok. Pribadi)

Diberitakan sebelumnya, konser Dewa 19 menyisakan rasa lelah dan kecewa yang amat tak terhingga bagi Agustin (25). Pasalnya, ia bersama ribuan orang yang menonton konser tersebut di Jakarta International Staidum (JIS), Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (4/2/2023) malam harus berjibaku dan berlomba-lomba agar bisa pulang ke rumah dengan aman dan selamat.

Puncak kekacauan yang dirasakan Agustin bersama ribuan penonton lainnya terjadi ketika konser tersebut sudah berakhir dan hendak pulang meninggalkan arena konser. Dia mengatakan, jumlah arus orang yang keluar dari stadion tersebut berlawanan antara orang yang berasal dari area festival dan tribun.

Ketiadaan petugas yang mengatur serta kebingungan penonton akses keluar yang akan ditujunya membuat kekacauan tersebut terjadi.

"Pas pulang chaos banget, ada pertemuan antara penonton festival dan tribun, jadinya arus orang gak searah dan gak ada petugas yang ngatur, harusnya exit satu arah saja. Ini orang-orang banyak yang arah berlawanan karena sama-sama bingung nyari jalan keluar," ujar Agustin kepada IDN Times, Minggu (5/2/2023).

Menurut Agustin, hal tersebut membuat orang-orang berkerumun di satu lokasi dan memakan waktu lebih lama hanya untuk keluar dari area stadion.

Situasi pergumulan dengan ribuan orang itu sempat membuat Agustin khawatir adanya peristiwa seperti yang terjadi di Itaewon, Korea Selatan yang menewaskan ratusan orang pada akhir Oktober 2022 lalu.

"Pas itu takut banget, keinget tragedi Itaewon," kata dia.

Baca Juga: Nonton Konser Dewa 19 di JIS, Prabowo Larut Saat Dengar Roman Picisan 

3. Akses yang sempit menjadi kendala

Konser Dewa 19 di JIS Bikin Trauma, PSI Minta Akses DiperbaikiPersonel Dewa 19 tampil saat konser 30 Tahun Dewa 19 di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (6/7/2022) malam. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Penderitaan yang dirasakan Agustin bergumul dengan lautan manusia masih berlanjut. Setelah berhasil keluar dari area stadion. Hanya untuk berjalan kaki pun, Agustin bersama ribuan orang lainnya tidak bisa melakukannya dengan leluasa.

Membludaknya orang-orang itu, menyatu dengan lalu lintas mobil yang tentu saja tersendat tak karuan. Akses yang sempit menjadi kendalanya.

"Keluar dari JIS penderitaan masih berlanjut karena jalan raya depan JIS itu kecil banget dan pas pertigaan. Pokoknya gak ideal banget buat bubaran sebuah acara yang pengunjungnya banyak," ujar Agustin.

"Jalan kaki aja lama banget karena jalanan penuh sama kendaraan dan orang, ditambah di pinggir jalan sempit itu banyak gerobak jualan dan banyak yang beli bikin makin tambah macet," keluh dia.

Diketahui, Dewa 19 menggelar konser bertajuk Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19, Sabtu (4/2/2023) mulai pukul 17.00 hingga 23.00 WIB. Namun, konser baru dimulai sekitar pukul 19.47 WIB. Konser tersebut dihadiri lebih dari 70 ribu orang penonton.

Baca Juga: Heru Budi Kumpul Bareng Ketua RW se-Jaksel, Sebut 2023 Tahun Khusus

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya