Berniat Selamatkan Termos, Ibu Ini Meninggal Terseret Banjir Jakarta

Banjir di Jakarta telan dua korban jiwa

Jakarta, IDN Times - Banjir yang merendam sejumlah titik di wilayah Jakarta telah menelan dua korban jiwa di Kelurahan Kebon Baru, Jakarta Selatan dan Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur. Dilansir dari Antara, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan salah satu korban tewas yaitu Imas (48), terseret arus banjir saat mengambil termos yang hanyut.

1. Anies ceritakan kronologi korban hanyut

Berniat Selamatkan Termos, Ibu Ini Meninggal Terseret Banjir JakartaDok. IDN Times/Istimewa

Anies mengungkapkan saat melayat Imas, suami almarhumah Imas, menceritakan kejadian yang menimpa istrinya yang bekerja sebagai pemungut sampah tersebut.

"Saat itu korban mau mengambil termos bersama suaminya di sungai yang alirannya (air) sangat deras. Termosnya kepegang, tapi alirannya kuat, akhirnya dia jatuh dan terbawa ke dalam jembatan di daerah Kebon Baru," cerita Anies.

Baca Juga: Banjir di Bidara Cina dan  Pengadegan Mulai Surut

2. Suami Imas sudah minta Imas ikhlaskan termos

Berniat Selamatkan Termos, Ibu Ini Meninggal Terseret Banjir JakartaANTARA News/Genta Tenri Mawangi

Anies menambahkan, sebenarnya suami Imas sudah menyuruh korban melepas termosnya, tapi akhirnya almarhum Imas terbawa arus. "

Karena itu saya mengimbau kepada semua, jangan mendekati arus yang keras bila lihat ada barang-barang di situ jangan berusaha untuk mengambil barang di tengah-tengah arus yang deras seperti ini, lebih baik pikirkan keselamatan," imbau Anies.

3. Korban banjir lain meninggal karena serangan jantung

Berniat Selamatkan Termos, Ibu Ini Meninggal Terseret Banjir JakartaAntara

Sementara itu, Kepala UPT Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, M. Ridwan menjelaskan bahwa satu korban meninggal lainnya yakni Suyanto yang merupakan warga di RT 11/RW 07, Bidara Cina.

"Suyanto dinyatakan tewas akibat serangan jantung," ucapnya. Ridwan menerangkan jenazah Suyanto telah dibawa oleh ambulans milik Palang Hitam Dinas Kehutanan DKI Jakarta. "Jenazah almarhum diantar ke rumah anaknya di Jatibening," terang Ridwan.

4. Banjir merendam puluhan titik di Jakarta

Berniat Selamatkan Termos, Ibu Ini Meninggal Terseret Banjir JakartaANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Lebih lanjut Ridwan menjelaskan, berdasarkan data yang dihimpun oleh BPBD Provinsi DKI Jakarta, melalui Pusat Data dan Informasi Kebencanaan terakhir pada Jumat (26/4) pukul 23.59 WIB, ada 18 titik daerah terdampak banjir yang terdiri dari 4 titik di wilayah Jakarta Selatan dan 14 titik di wilayah Jakarta Timur.

Daerah yang masih terdampak banjir di wilayah Jakarta Selatan tepatnya di Kelurahan Rawa Jati RW 01, 03, 07, dan Kelurahan Kebon Baru RW 010, dengan ketinggian banjir berkisar antara 10 sampai 100 sentimeter.

Sedangkan untuk wilayah Jakarta Timur tepatnya di Kelurahan Cawang RW 02, 03, 05, 012, Kelurahan Balekambang RW 05, Kelurahan Cililitan RW 07, Kelurahan Kampung Melayu RW 04 s.d 08, dan Kelurahan Bidara Cina RW 07,011,016 dengan ketinggian banjir berkisar antara 5 sampai 175 sentimeter.

"Di Kelurahan Pengadegan RW. 01, Kelurahan Bidara Cina RW. 04, 05, 06, 12, 14, 15 dan Kelurahan Cawang RW. 01, banjir sudah surut dan Satgas SDA Kecamatan akan melakukan pembersihan lumpur di lokasi tersebut," ujarnya.

Baca Juga: BPBD DKI: 37 Titik Banjir Masih Genangi Jakarta

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya