Comscore Tracker

KPAI Kecam Artis Kris Hatta Pacari Anak 14 Tahun

Publik figure harusnya jadi contoh di masyarkat

Jakarta, IDN Times - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengecam aktor Kriss Hatta yang mengaku memacari anak berusia 14 tahun.

"Sebagai publik figure, dia memberikan contoh buruk pada masyarakat, terutama para remaja. Hal ini berpotensi ditiru oleh masyarakat Indonesia," ujar Komisioner KPAI, Retno Listyarti, dalam siaran tertulis, Rabu (28/8/2022).

Baca Juga: Hindari Pernikahan Dini, Turunkan Angka Stunting

1. Pernyataan Kris Hatta berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia anak

KPAI Kecam Artis Kris Hatta Pacari Anak 14 TahunIlustrasi pernikahan anak (Instagram/unicefindonesia)

Menurut Retno pernyataan Kriss Hatta yang mengungkapkan akan segera menikahi sang pacar setelah lulus SMA, berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia anak.

"Publik figur harusnya mendukung program pemerintah yang berdampak baik bagi bangsa ini. Perkawinan anak berpotensi kuat membuat anak kehilangan hak-haknya untuk tumbuh kembang secara optimal," ujar dia.

2. Jangan sampai masyarakat menganggap wajar

KPAI Kecam Artis Kris Hatta Pacari Anak 14 TahunIlustrasi Pernikahan (IDN Times/Mardya Shakti)

Retno menilai sikap Kriss Hatta yang juga mengaku sudah mendapatkan restu dari ibunda sang kekasih, juga berpotensi kuat terjadi glrorifikasi kisah cinta orang dewasa yang sudah pantas menjadi ayahnya dengan anak di bawah umur.

"Jangan sampai hal ini dianggap wajar oleh publik," kata dia.

Baca Juga: Darurat Prostitusi Anak di Indonesia, KPAI: Korban Direkrut dari Medsos

3. Seharusnya orang tua dorong potensi anak

KPAI Kecam Artis Kris Hatta Pacari Anak 14 TahunIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Retno menegaskan usia anak 13 sampai15 tahun yang sudah dibentuk sejak dini, cenderung menentukan minat dan karier yang akan mereka jalani. Mereka juga mudah dimotivasi pada usia ini.

"Seharusnya orang tua mendukung ananda yang berusia 14 tahun ini untuk menggali potensinya, bakatnya, memfasilitasi kesempatan berkarier dan berkarya di masa muda, bukan malah mengizinkan menikah muda karena berpacaran dengan laki-laki yang jauh lebih tua darinya," ujar Retno.

"Saya mendorong media massa  mengedukasi masyarakat dengan tidak melakukan glorifikasi kisah cinta Kriss Hatta dengan anak usia 14 tahun," tegas Retno.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya