Comscore Tracker

Makhluk Penghisap Darah Hewan Ternak di Sumut Mulai Terungkap

Sekitar 200 hewan ternak mati diduga karena makhluk ini

Jakarta, IDN Times - Makhluk misterius penghisap darah hewan ternak di Pargompulon, Desa Pohan Tonga, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, mulai terkuak.

Kepala Seksi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut Wilayah IV Tarutung, Manigor Lumbantoruan, mengungkapkan mahkluk penghisap darah ratusan hewan ternak itu diduga Binturong.

"Berdasarkan keterangan keluarga Saut Simanjuntak, dalang pemangsa ratusan ternaknya disinyalir merupakan sosok binatang yang merupakan jenis musang (Binturong)," kata Manigor dilansir Antara, Kamis (2/7).

1. Satwa penghisap darah hewan ternak mirip dengan kucing beruang

Makhluk Penghisap Darah Hewan Ternak di Sumut Mulai TerungkapBinturong/dok Antara

Manigor menyimpulkan hal tersebut setelah pihaknya menunjukkan sejumlah gambar hewan, termasuk Binturong atau jenis kucing beruang (Bearcat) kepada keluarga Simanjuntak, yang pernah sepintas melihat makhluk tersebut.

"Keterangan keluarga Simanjuntak, makhluk pemangsa yang sepintas terlihat memiliki ekor panjang. Saat kita tunjukkan gambar Binturong atau kucing beruang, dia mengamini jika satwa dalam gambar tersebut cenderung lebih mirip dengan binatang pemangsa dimaksud," kata dia.

Baca Juga: Pengisap Darah di Sumut Dikaitkan Mistis, Bupati Taput Gelar Sayembara

2. Binturong memiliki berat tubuh hingga lebih dari 20 kilogram

Makhluk Penghisap Darah Hewan Ternak di Sumut Mulai TerungkapIDN Times/Dok BBKSDA Sumut

Menurut Manigor, Binturong merupakan jenis satwa yang memiliki lima cakar. Dia memiliki berat tubuh hingga lebih dari 20 kg, dan memiliki ukuran panjang cakar 1,5 hingga 2 cm berdasarkan sejumlah temuan jejak yang tertancap di atas permukaan tanah.

3. Kamera pengintai belum menangkap gambar satwa

Makhluk Penghisap Darah Hewan Ternak di Sumut Mulai TerungkapRatusan hewan ternak mati dengan luka di leher (Facebook/Manurung Hutasoit)

Manigor mengatakan jenis satwa ini juga diketahui memiliki bulu yang berwarna, mulai dari kecoklatan hingga hitam.

"Namun hal ini belum merupakan kesimpulan akhir, hanya didasarkan pada informasi keluarga Simanjuntak, yang mengaku pernah sepintas melihat keberadaan satwa tersebut," kata dia.

Sebab, kata Manigor, sampai saat ini sejumlah kamera pengintai yang dipasang di lokasi kejadian, belum berhasil menangkap gambar satwa tersebut.

4. Sekitar 200 hewan ternak mati dengan kondisi darah habis terhisap

Makhluk Penghisap Darah Hewan Ternak di Sumut Mulai TerungkapRatusan hewan ternak mati dengan luka di leher (Facebook/Manurung Hutasoit)

Perlu diketahui, sudah satu bulan terakhir ini masyarakat di Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, diresahkan dengan kehadiran makhluk misterius penghisap darah hewan ternak. 

Makhluk yang belum diketahui wujud dan namanya ini disebut-sebut warga, telah mengisap darah hewan ternak dan meninggalkan bangkai dalam keadaan utuh.

Warga beranama Simanjuntak menyebtukan sebanyak 200-an hewan ternak seperti ayam, bebek, dan babi miliknya, mati dimangsa makhluk misterius tersebut, sejak sebulan terakhir ini.

"Kejadiannya sejak sebulan lebih. Namun masyarakat luas baru mengetahuinya pada minggu lalu, saat sejumlah ekor bebek, dan ayam, juga seekor ternak babi kembali dimangsa," kata pria 47 tahun itu.

Baca Juga: Kabar Ada Makhluk Pengisap Darah Ternak di Sumut Beredar Sejak 2017

Topic:

  • Rochmanudin
  • Saraya Adzani

Berita Terkini Lainnya