Telan Anggaran Rp348 M, Gedung Kanigara RSCM Akhirnya Diresmikan

Layanan di Gedung Kanigara juga terima BPJS Kesehatan

Jakarta, IDN Times - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, meresmikan gedung Kanigara. Gedung yang mangkrak 11 tahun ini menelan anggaran Rp348,7 miliar dan dikerjakan dalam waktu empat bulan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, pembangunan gedung 12 lantai ini, mendapatkan dukungan anggaran APBN 2022 untuk anggaran pemulihan ekonomi nasional (PEN) bidang kesehatan, guna membantu pengembangan fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

“Saya berharap gedung ini bisa mengurangi waktu tunggu pasien, sehingga bisa lebih pendek dan cepat. APBN memberikan bantuan sekitar Rp348,7 miliar," kata Sri Mulyani dalam Acara Peresmian Gedung Kinagara RSCM, Jakarta Pusat, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga: Menkes: Tolok Ukur RSCM Bagus Jika Presiden Sakit Dirawat di Sini

1. RSCM bisa menjadi World Class Hospital

Telan Anggaran Rp348 M, Gedung Kanigara RSCM Akhirnya DiresmikanIDN Times/Margith Juita Damanik

Sri Mulyani berharap dengan dukungan pembangunan gedung baru tersebut, dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang ada di RSCM, sekaligus dapat mengantarkan menjadi World Class Hospital.

“Ini adalah tekad pembangunan yang luar biasa, semoga niat Kemenkes untuk membangun sistem kesehatan Indonesia dan rumah sakit yang diandalkan dan dibanggakan bisa tercipta, kami dari Kemenkeu akan terus mendukung, karena negara tidak akan maju tanpa SDM yang sehat dan cerdas,” ujarnya.

2. Menkes minta RSCM berikan layanan terbaik

Telan Anggaran Rp348 M, Gedung Kanigara RSCM Akhirnya DiresmikanMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meresmikan RSCM Kanigara, Jumat (3/3/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sementara, Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta RSCM agar memberikan pelayanan terbaik dan terus berinovasi serta menyediakan teknologi yang tidak kalah dengan luar negeri.

"Saya titip layanan harus jadi yang terbaik, gampang Bu ngukurnya, moga gak mudah-mudahan gak. Jika suatu saat ada menteri, presiden gak dirawat di RSCM artinya layanan gak baik, buktinya gak mau," ujarnya, pada kesempatan sama.

"Jika nanti dokter Dante bisa cabut gigi, medical chek up, kalau masih di Singapura artinya rumah sakit kita belum baik. Apakah menteri kita, presiden kita dan orang-orang kaya mau dirawat sini apa gak," imbuh Menkes.

Baca Juga: RSCM Terjunkan Tim Penyakit Langka Tangani Obesitas Bayi Kenzi Bekasi

3. Layanan di Gedung Kanigara juga terima BPJS

Telan Anggaran Rp348 M, Gedung Kanigara RSCM Akhirnya DiresmikanPetugas BPJS Kesehatan menunjukan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) online (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Budi menerangkan gedung baru RSCM ini merupakan pusat pengembangan untuk layanan unggulan dan prioritas seperti Layanan Transplantation Center, Layanan Advanced Diabetes Center terdiri dari Layanan Pusat Pengampu (Diabetes Mellitus, Uronefro, dan Gastro Hepato), Layanan Bedah, dan Layanan Intensive Care Unit (ICU) yang terpusat.

“Saya tadi berkeliling melihat gedung ini sudah beroperasi, ICU sudah dipakai, ruang operasi juga sudah dipakai, rencananya akan punya 36 ruang operasi, 18 sudah selesai dibangun, dan bisa dipakai untuk BPJS Kesehatan dan (ruangannya) bagus, terang,” ujar Menkes. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya